Satwa di Ragunan Terjamin Kesehatannya di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

Satwa di Ragunan Terjamin Kesehatannya di Tengah Pandemi

Akibat adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, bukan hanya manusia saja yang terkena dampaknya. Bahkan satwa yang ada di kebun binatang pun terpaksa harus memahami keadaan. Sejak pertengahan Maret lalu, sebanyak 60 kebun binatang di Indonesia tergabung dalam Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) menutup layanan untuk menekan penyebaran virus Corona.

Hal ini mengakibatkan kebun binatang tak memiliki pemasukan untuk membeli pakan sehingga hewan yang ada di lembaga konservasi itu terpaksa ikut berpuasa atau berdiet sehingga terancam kelaparan. Sebagai contoh di Kebun Binatang Bandung, yang menurut Manajer Komunikas KB Bandung Sulhan Syafi’I seperti dilansir dari Kumparan (16/5/2020), ada penyesuaian pakan hewan. seperti kucing besar atau harimau. Penyesuaiannya yaitu makananya dikurangi 1,5-2 kilogram per ekor.

Satwa di Ragunan Terjamin Kesehatannya di Tengah Pandemi

Bahkan Sulhan sudah memiliki skenario paling buruk, jika kondisi tak kunjung membaik hingga Juli, maka bukannya tak mungkin, pihaknya menjadikan rusa sebagai pakan kucing besar atau harimau.

Melihat kondisi ini, tentu banyak orang yang khawatir dengan satwa-satwa yang ada di kebun binatang. Bahkan sempat ada penggalangan donasi untuk dana pakan hewan yang terkumpul di PKBSI.

Untungnya, sebagai satu-satunya kebun binatang yang dimiliki DKI Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan dipastikan tetap terawat selama berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Hal tersebut karena pengelola Taman Magrasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap satwa dan seluruh fasilitas di dalamnya.

[Baca Juga: Harimau asal Taman Safari Bogor Melahirkan di Jerman]

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan, Taman Margasatwa Ragunan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah untuk karyawannya. Tetapi untuk petugas seperti kebersihan, perawat satwa, tenaga medis dan keamanan tetap masuk dengan cara bergiliran.

"TMR mempunyai tim medis khusus yang mengecek kesehatan satwa rutin setiap hari berkeliling dan memberikan laporan. Selain memantau kesehatan dan pasokan makanan mencukupi, petugas kebersihan juga dikerahkan untuk secara rutin membersihkan kandang satwa menggunakan karbol dan juga cairan disinfektan," ujar Ketut seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id.

Sehingga warga tak perlu lagi khawatir akan kesehatan dan kebersihan satwa. Ketut juga menambahkan, bagi warga Jakarta yang sedang menjalankan aktivitas di rumah, bisa melakukan wisata virtual dengan mengikuti tayangan langsung Ragunan Zoo Melalui Kanal Instagram @ragunanzoo.

“Program tersebut live setiap Hari Minggu pada pukul 10.00 WIB di kanal resmi Instagram @ragunanzoo. Untuk Minggu 17 Mei 2020 besok, pihak TMR akan menyelenggarakan virtual zoo bersama Harimau Sumatra yaitu Hana dan Tino," pungkas Ketut.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>