SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Pendidikan

SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produk kreatif ramah anak, untuk kedua kalinya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali berkolaborasi dengan Wahana Kreator menggelar pelatihan penulisan skenario cerita anak melalui program SCRA (Skenario Cerita Anak Nusantara).

Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita Najelaa Shihab menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Bekraf dan Wahana Kreator ini dengan menghadirkan program SCARA. Program ini dapat mengatasi gawat darurat pendidikan anak di Indonesia.

SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Bagi wanita yang akrab disapa Ela ini, butuh kerja bareng dengan semua pihak untuk dapat menyebarkan pentingnya pendidikan anak dan keluarga. “Program ini mengawinkan semua pihak mulai dari pelaku industri kreatif dan pemangku kebijakan,” tuturnya.

Pada SCARA 2018 memaparkan gawat darurat pendidikan anak dan juga tahap perkembangan anak. Sedangkan di SCARA 2019 fokus mengenai memahami dan belajar tentang emosi anak, dengan harapan para peserta nantinya bisa membuat cerita yang tepat dan dekat untuk anak.

[Baca Juga: Dicari: Skenario Cerita Anak Nusantara]

Fokus pada emosi anak, lanjut Ela, karena pengendalian emosi tidak diajarkan di sekolah. Dirinya mencontohkan, seharusnya di sekolah menghadirkan konten-konten menarik agar anak tidak bosan belajar. “Tentunya harus ada konten-konten yang menarik. Jika tidak, tentunya akan timbul dampak seperti kekerasan pada sesama anak, guru, seksual, bahkan timbul di dalam keluarga sendiri,” katanya di GoWork Plaza Indonesia (31/7/2019).

Selain itu, melihat keberhasilan SCARA 2018, mendorong penulis skenario Dua Garis Biru Gina S. Noer membuat Semesta Anak, yakni ekosistem yang bertujuan menyiapkan anak Indonesia menjadi pribadi mandarin dan berdaya melalui media cerita, buku, dan beragam aktivitas untuk anak.

[Baca Juga: ICINC, Komintmen Bekraf Menuju Pameran Dagang Terbesar Amerika]

Semesta Anak yang dibentuk pada 2018 ini merupakan rumah bagi setiap orang yang percaya bahwa pendidikan anak saat ini adalah masa depan mereka. Semesta Anak mengajak setiap orang untuk bercerita kepada anak-anak. “Pelatihan yang dilakukan di SCARA 2018 menginspirasi saya untuk menggagas dan mendirikan Semesta Anak, sehingga anak Indonesia dapat menikmati cerita-cerita anak yang orisinil,” ujar wanita yang juga menjadi mentor SCARA.

Gina juga berharap, cerita anak Pandawa Junior dapat menjadi referensi para orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak. oleh karena itu, menggandeng pula keluarga kita untuk memberi masukan-masukan yang diperlukan dalam mengembangkan Pandawa Junior.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.