SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Pendidikan

SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produk kreatif ramah anak, untuk kedua kalinya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali berkolaborasi dengan Wahana Kreator menggelar pelatihan penulisan skenario cerita anak melalui program SCRA (Skenario Cerita Anak Nusantara).

Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita Najelaa Shihab menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Bekraf dan Wahana Kreator ini dengan menghadirkan program SCARA. Program ini dapat mengatasi gawat darurat pendidikan anak di Indonesia.

SCARA Bantu Atasi Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia

Bagi wanita yang akrab disapa Ela ini, butuh kerja bareng dengan semua pihak untuk dapat menyebarkan pentingnya pendidikan anak dan keluarga. “Program ini mengawinkan semua pihak mulai dari pelaku industri kreatif dan pemangku kebijakan,” tuturnya.

Pada SCARA 2018 memaparkan gawat darurat pendidikan anak dan juga tahap perkembangan anak. Sedangkan di SCARA 2019 fokus mengenai memahami dan belajar tentang emosi anak, dengan harapan para peserta nantinya bisa membuat cerita yang tepat dan dekat untuk anak.

[Baca Juga: Dicari: Skenario Cerita Anak Nusantara]

Fokus pada emosi anak, lanjut Ela, karena pengendalian emosi tidak diajarkan di sekolah. Dirinya mencontohkan, seharusnya di sekolah menghadirkan konten-konten menarik agar anak tidak bosan belajar. “Tentunya harus ada konten-konten yang menarik. Jika tidak, tentunya akan timbul dampak seperti kekerasan pada sesama anak, guru, seksual, bahkan timbul di dalam keluarga sendiri,” katanya di GoWork Plaza Indonesia (31/7/2019).

Selain itu, melihat keberhasilan SCARA 2018, mendorong penulis skenario Dua Garis Biru Gina S. Noer membuat Semesta Anak, yakni ekosistem yang bertujuan menyiapkan anak Indonesia menjadi pribadi mandarin dan berdaya melalui media cerita, buku, dan beragam aktivitas untuk anak.

[Baca Juga: ICINC, Komintmen Bekraf Menuju Pameran Dagang Terbesar Amerika]

Semesta Anak yang dibentuk pada 2018 ini merupakan rumah bagi setiap orang yang percaya bahwa pendidikan anak saat ini adalah masa depan mereka. Semesta Anak mengajak setiap orang untuk bercerita kepada anak-anak. “Pelatihan yang dilakukan di SCARA 2018 menginspirasi saya untuk menggagas dan mendirikan Semesta Anak, sehingga anak Indonesia dapat menikmati cerita-cerita anak yang orisinil,” ujar wanita yang juga menjadi mentor SCARA.

Gina juga berharap, cerita anak Pandawa Junior dapat menjadi referensi para orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak. oleh karena itu, menggandeng pula keluarga kita untuk memberi masukan-masukan yang diperlukan dalam mengembangkan Pandawa Junior.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.