SDM Berkualitas Jadi Kunci Hadapi Era Industri 4.0

Bisnis

SDM Berkualitas Jadi Kunci Hadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi era Industri 4.0, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dan sebagai modal dasar. Tentunya, untuk dapat memiliki SDM yang berkualitas diperlukan pendidikan sebagai bekal agar mampu bersaing.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu dalam acara acara TELADAN Leadership Forum dengan tema Future Skills for Future Leaders di Gedung Tanoto Foundation, Jakarta Pusat. Pengembangan SDM ini sangat diperlukan. Pasalnya, menurut Mendag periode 2004-2011 ini, Indonesia akan memiliki bonus demografi sebagai modal besar untuk menjadi negara maju pada 2030.

SDM Berkualitas Jadi Kunci Hadapi Era Industri 4.0

Menyikapi hal itu, pihak terkait harus mengembangkan SDM untuk bisa bersaing di tingkat global guna hadapi era Industri 4.0. Salah satu solusinya mendidik SDM siap pakai, yang diperlukan, dan relevan dengan kebutuhan industri masa depan. “Perkembangan di era Industri 4.0 memengaruhi berbagai hal. Untuk menghadapi hal ini, yang paling utama adalah membangun SDM melalui pendidikan yang berkualitas,” kata Mari (3/7/2019).

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Raih Penghargaan dari Kemendagri]

Pada 2018, World Economic Forum memprediksi bahwa pada empat tahun ke depan, 75.000.000 pekerjaan akan berubah. Ada 133.000.000 pekerjaan baru akan muncul sebagai hasil dari perkembangan teknologi. Oleh Karena itu, penting menyiapkan SDM untuk punya bekal dan keterampilan dalam menghadapi era Industri 4.0. Di sisi lain, Indonesia butuh para pemimpin masa dengan dengan karakter unggul yang harus dikembangkan sejak di bangku kuliah.

Pendidikan juga berpengaruh pada kesempatan yang diperoleh untuk bekerja, baik tingkat nasional maupun global, sehingga bisa mengubah hidup menjadi lebih baik. Dengan begitu, dibutuhkan keseimbangan antara keretampilan menghadapi dunia kerja dan karakteristik seorang pemimpin. “Pendidikan adalah kunci dari pemerataan kesempatan dan mengembangkan hidup. Ini tantangan bagaimana pendidikan diubah untuk memenuhi everchanging needs,” katanya.

[Baca Juga: Kemendag Ajak Warga Pantau Harga Barang Pangan]

Acara TELADAN Leadership Forum merupakan ajang diskusi yang melibatkan pemimpin-pemimpin perusahaan terkemuka di Indonesia untuk membahas kompetensi dan kapasitas yang harus dimiliki perserta program Teladan Tanoto Foundation.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.