SDN Kebon Bawang 05 Pagi Ajarkan Siswa Baru Pola Hidup Bersih dan Sehat

Pendidikan

SDN Kebon Bawang 05 Pagi Ajarkan Siswa Baru Pola Hidup Bersih dan Sehat

Salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang bisa dikatakan cukup berprestasi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara yaitu SDN Kebon Bawang 05 Pagi. Pasalnya, sekolah ini sejak tahun 2018 hingga tahun ini menjadi perwakilan DKI Jakarta dalam lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional. Bahkan, SDN Kebon Bawang 05 Pagi meraih juara nasional dalam lomba tersebut di tahun 2018.

Sebelumnya, lomba PHBS tingkat Provinsi DKI Jakarta diikuti sekolah ini dan berhasil menjadi juara. Hal itu dikarenakan semua unsur di SDN Kebon Bawang 05 Pagi bekerjasama untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti tidak menggunakan plastik. Sekolah ini bisa dikatakan sudah bebas dari plastik, karena seluruh siswa diajarkan membawa peralatan makan dan minum dari rumah masing-masing.

SDN Kebon Bawang 05 Pagi Ajarkan Siswa Baru Pola Hidup Bersih dan Sehat

Di tahun ajaran 2019/2020 yang baru dimulai pada 15 Juli 2019, SDN Kebon Bawang 05 Pagi menerima lebih dari 100 siswa baru. Sekolah yang berada di Jl. Swasembada Barat II No.90, RT.8/RW.5, Kebon Bawang, Tanjung Priok ini pun langsung mengajarkan para siswa baru tentang pola hidup bersih dan sehat di tiga hari pertama kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung. Karena, pola hidup bersih dan sehat menjadi salah satu materi yang diberikan dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) sebagaimana dikatakan Kepala SDN Kebon Bawang 05 Pagi Darsini.

[Baca Juga: Kampung Markisa Siap Hadapi Penilaian PHBS Nasional]

"Kami ingin mereka terbiasa berperilaku hidup sehat, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (17/7/2019).

Sebanyak 128 siswa baru SDN Kebon Bawang 05 Pagi pun disarankan untuk membawa tumbler dan tempat makan. Hal itu sesuai dengan pencanangan sekolah yang bebas dari plastik sekali pakai. Selain itu, orangtua siswa juga disarankan untuk mengantarkan anak ke sekolah dengan kendaraan ramah lingkungan atau berjalan kaki sebagai upaya mengurangi dampak polusi di Ibu Kota.

[Baca Juga: Berkat Karet Gelang SDN Marunda 02 Juarai Pengembangan Vlog]

"Edukasi kita tidak hanya melalui ucapan. Jadi, baik saya, guru hingga siswa kelas dua sampai enam harus menjadi contoh yang baik," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.