SDN Kembangan Utara 01 Sambut Hangat Program PMT-AS 2020

Pendidikan

SDN Kembangan Utara 01 Sambut Hangat Program PMT-AS 2020

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat baru-baru ini secara resmi meluncurkan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah atau PMT-AS. Dengan salah satu sekolah yang menerimanya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kembangan Utara 01. Pihak sekolah mengklaim, mereka sangat menyambut positif dengan keberadaan program ini karena sangat membantu para siswa-siswi di sekolahnya mendapatkan asupan gizi yang cukup.

PMT-AS sendiri disebut masuk ke dalam program strategis dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak dua tahun lalu. Namun ini merupakan kali pertamanya SDN Kembangan Utara 1 masuk ke dalam daftar sekolah yang menerima paket makanan PMT-AS untuk siswa-siswinya. Dengan Wakil Wali Kota Muhammad Zen yang meresmikan peluncuran program ini di sekolah tersebut.

SDN Kembangan Utara 01 Sambut Hangat Program PMT-AS 2020

“Ini baru pertama kali di sini, baru sekali ini di-launching. Jadi pemberian makanan yang akan kita rencanakan di sini itu setiap hari, sekitar 155 kali pemberian makanan. Jadi InsyaAllah nanti pas jam pertama, yaitu 08.30 sampai 09.00 WIB itu pembagiannya, semua siswa-siswi dapat,” ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Kembangan Utara 01 Sukiman kepada PingPoint.co.id di sela-sela peresmian PMT-AS di SDN Kembangan Utara 1, Jalan Kembangan Utara No.83, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (12/3/2020).

[Baca Juga: Selain Asupan Gizi, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Stunting]

Sukiman menjelaskan, menu-menu di PMT-AS yang diberikan kepada siswa-siswi telah ditentukan dalam perencanaan belanja yang nantinya pengelolaannya dilakukan Komite Sekolah yang beranggotakan para orangtua murid. Dengan menunya akan berubah setiap hari dengan pengaturan serta pengolahan yang diserahkan kepada pihak Komite Sekolah tapi tetap berada dalam pemantauan SDN Kembangan Utara 01.

Walau dikelola Komite Sekolah, setiap menu disebut akan dikirimkan sampelnya ke pihak kecamatan demi memastikan kandungannya memang bergizi. Contohnya pada hari pertama PMT-AS di SDN Kembangan Utara 01, menu yang diberikan kepada siswa-siswi adalah jagung, susu, keju, dan satu buah apel.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Barat Rencanakan Kendalikan Masalah Gizi]

Kepsek SDN Kembangan Utara 01 itu melanjutkan, sisi positif lain dengan adanya PMT-AS adalah menangani pola konsumsi yang kurang sehat dari para siswa-siswi. Pasalnya, tak bisa dipungkiri bahwa anak sekolah tingkat SD acap kali enggan mengonsumsi sayur dan buah. Sehingga dengan adanya PMT-AS, mereka akan dibiasakan diberikan menu yang disisipkan sayur atau buah.

“Anak sekarang kan suka menjauhi buah sama sayur jadi dengan ini mereka dibiasakan menunya. Jadi misalnya nanti ada nasi goreng menunya, pasti nanti ada buahnya (seperti) anggur,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.