Pemkot Bekasi Keluarkan Edaran Cegah Peningkatan COVID-19 Saat Natal dan Tahun Baru 2022.jpg

Berita Kawasan

SE Pemkot Bekasi Cegah Peningkatan COVID-19 Liburan Akhir Tahun

Jelang perayaan Natal dan libur Tahun Baru 2022, pemerintah pusat dan sejumlah pakar di Tanah Air memberikan peringatan bahwa bila tidak hati-hati maka momen tersebut dapat memicu terjadinya gelombang tiga COVID-19. Apalagi bagi masyarakat yang sudah memiliki rencana berlibur ke luar negeri, situasi ini sangat diwanti-wanti karena Erpoa dan Amerika tengah dihantam gelombang tiga dan empat COVID-19. Oleh karena itulah pemerintah pusat siap menerapkan pembatasan pada akhir Desember hingga awal Januari nanti. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi juga turut mengamini keputusan ini dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE).

Menurut Pemkot Bekasi SE Nomor 443.1/1857/SET.COVID-19 Tahun 2021 ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021. Di mana SE ini bertujuan untuk mencegah potensi peningkatan kasus COVID-19 saat momen Natal dan Tahun Baru 2021 yang berlaku dari 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Pemkot Bekasi Keluarkan Edaran Cegah Peningkatan COVID-19 Saat Natal dan Tahun Baru 2022 .jpg

Dalam SE tertuang bagaimana keputusan pengaktifan kembali Satuan Tugas COVID-19 di masing Kecamatan hingga tingkat RT/RW dengan memastikan protokol kesehatan 5M diterapkan di wilayahnya. Kemudian Satpol PP, Satlinmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi akan disiagakan untuk membantu mengatasi aktivitas yang dapat menganggu ketertiban sekaligus memastikan mencegah terjadinya kerumunan di fasilitas umum, hiburan, wisata, sampai ibadah selama periode pemberlakuan SE tersebut.

Dari sisi masyarakat, sebagaimana dilansir dari bekasikota.go.id (25/11/2021), warga Kota Bekasi serta perantau tidak diperbolehkan melakukan mudik selama Natal dan Tahun Baru 2022 jika tidak memiliki tujuan penting dan mendesak. Mengetatkan arus masuk ke Kota Bekasi dari masyarakat yang baru pulang dari luar negeri. Jika ditemukan pelanggaran maka Pemkot Bekasi siap menjatuhkan sanksi sesuai undang-undang.

[Baca Juga: Semarang dan Jawa Tengah Siap Laksanakan PPKM Level III Saat Nataru]

Kemudian dari sisi perayaan Natal 2021, Pemkot Bekasi meminta gereja membentuk Satgas Protokol Kesehatan untuk memastikan momen ibadah tak berpotensi menyebarkan COVID-19. Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa kapasitas jemaah yang hadir di gereja hanya 50 persen sehingga peribadatan digelar secara hybrid. Untuk jemaah yang datang, pihak Satgas Protokol Kesehatan selain memastikan prokes di dalam gereja, mereka juga harus memastikan apps PeduliLindungi digunakan di pintu masuk dan keluar oleh jemaah.

Kemudian untuk perayaan Tahun Baru 2022, Pemkot Bekasi melarang segala bentuk kegiatan pawai, arak-arakan, atau event yang dapat memicu kerumunan. Pusat perbelanjaan di Kota Bekasi diizinkan menggelar event tapi hanya yang bertemakan pameran UMKM saja dengan kapasitas pengunjung mal hanya dibatasi 50 persennya saja.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.