Apabila Trash Vending Machines Berjalan Baik di Jakarta

Properti dan Solusi

Seandainya di Jakarta Ada Trash Vending Machines

Pernah mendengar tentang trash vending machines? Inivasi ini mulai dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan sampah di kota-kota besar seperti Jakarta. Penumpukan sampah di berbagai tempat seperti di jalanan, taman, saluran air, kali hingga danau sudah lumrah terjadi di Ibu Kota. Produksi sampah yang tinggi terakumulasi beberapa saluran air besar seperti kali kali Ciliwung dan terbawa hingga ke laut. Tumpukan segala jenis sampah yang menumpuk berpontensi menimbulkan zat-zat berbahaya seperti Methana, yang kemudian menjadi polusi udara dan terhirup warga.

Kepadatan dan jumlah penduduk Jakarta yang terbilang masif memang menjadi salah satu alasan tingginya tingkat produksi sampah. Namun, sebenarnya masalah ini ini masih dapat dikendalikan dengan beberapa solusi. Tingkat produksi sampah dalam jumlah besar memang menjadi masalah utama, tapi membuang sampah tidak pada tempatnya dan tidak ada peran serta warga dalam mendaur ulang sampah menjadi masalah yang sangat sering terjadi. Tidak hanya terjadi di Jakarta ,berbagai negara besar seperti HongKong dan India juga memiliki masalah yang serupa.

Apabila Trash Vending Machines Berjalan Baik di Jakarta

Dikutip dari beberapa sumber, salah satunya adalah chinadaily.com, banyaknya produk kemasan plastik seperti permen, minuman botol plastik dan sejenisnya menjadi masalah bagi lembaga daur ulang sampah. Hal ini dikarenakan ada beberapa golongan jenis sampah seperti plastik yang dapat menimbulkan zat berbahaya dan sulit untuk dilebur. Biasanya golongan sampah ini terdiri dari plastik-plastik kemasan permen, makanan instan hingga bungkus permen.

Hal ini menjadi semakin sulit diatasi karena proses daur ulang setiap jenis golongan plastik berbeda-beda, sedangkan dalam satu kemasan bisa memiliki dua sampai tiga jenis golongan. Contoh, botol minum kemasan plastik, tutup botol, botol dan plastik merk memiliki jenis golongan yang berbeda. Dengan demikian, industri daur ulang harus memilah satu persatu botol kemasan plastik sebelum di daur ulang.

[Baca Juga: Daur Bunga, Komunitas Daur Ulang Bunga yang Bagikan Semangat Baru]

Melihat kondisi sampah yang semakin tidak terkontrol dan proses daur ulang yang panjang menjadi alasan munculnya inovasi trash vending machines . Terinspirasi dari konsep mesin penjual makanan dan minuman otomatis, alat ini memberikan solusi yang cukup menguntungkan bagi berbagai pihak. Ada pun peran trash vending ini adalah menjadi bank sampah.

Bank sampah sendiri telah berkembang luas di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Beberapa menjanjikan keuntungan bagi "nasabah" yang mau ikut memilah sampah yang bisa didaur ulang untuk ditampung di bank sampah. Trash vending machine ini menawarkan solusi yang lebih praktis dan bisa ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sehingga memudahkan warga yang ingin menyetorkan sampah untuk didaur ulang.

[Baca Juga: Warga Pulau Panggang Ubah Barang Daur Ulang Jadi Bernilai Ekonomis]

Layaknya mesin penjual makanan otomatis, Anda dapat memasukkan sampah ke dalam mesin sesuai dengan kategori. Misalnya, ruang pembuangan sampah botol plastik dan sampah plastik kemasan terpisah. Setiap jenis sampah yang Anda buang juga berbeda-beda. Selain dihitung dari segi jenis, semakin banyak Anda menyumbang sampah kedalam trash vending, maka kesempatan untuk mendapatkan kompensasi yang besar dapat tercapai. Biasanya reward yang diberikan berupa kupon makan atau kupon diskon belanja.

Jika bisa sedikit kita bayangkan, peran trash vending di Jakarta mungkin dapat menjadi solusi dari masalah sampah yang terjadi. Dilihat dari segi postifnya, keberadaan trash vending di Jakarta diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam membuang sampah. Secara tidak langsung, masyarakat juga akan diuntungkan oleh reward yang diberikan pihak pengelola. Apabila trash vending serius dijalankan di Jakarta, mungkin Jakarta akan menjadi kota yang lebih bersih, sehat dan memiliki kesadaran untuk mengelola dan memilah sampah sampah. Bagaimana menurut, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.