Sebaiknya Hindari 6 Pantangan untuk Wanita Hamil

Kesehatan

Sebaiknya Hindari 6 Pantangan untuk Wanita Hamil

Menjaga masa kehamilan mulai dari trimester pertama atau tiga bulan hingga detik-detik melahirkan merupakan sesuatu yang paling berharga dan harus dijaga dengan ekstra. Terlebih lagi ada banyak pantangan atau hal-hal yang tidak boleh wanita hamil lakukan selama masa kehamilan agar bayi dan ibunya dapat lahir dengan sehat. Apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan wanita hamil? Berikut ulasannya.

1. Jangan Banyak Mengonsumsi Kafein

Meminum beberapa cangkir kopi yang biasa Anda lakukan setiap hari akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sekaligus melintasi plasenta. Meskipun Anda baik-baik saja dengan meminumnya, namun tidak dengan bayi Anda yang sedang tumbuh di dalam perut. Karena metabolisme bayi Anda masih berkembang. Anda bisa mengonsumsi kadar kafein dengan tingkat sedang, sekitar 150 hingga 300 mg sehari. Kafein ditemukan tidak dalam kopi dan the saja, kafein juga terdapat pada cokelat dan soda.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]

2. Jangan Mengonsumsi Obat Sembarangan

Beberapa obat dapat membahayakan bayi Anda yang sedang tumbuh. Sebelum minum obat dan suplemen yang dijual bebas atau resep, konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Jangan Gunakan Sepatu Hak Tinggi

Saat Anda sedang hamil besar, Anda mulai merasakan bagian bawah punggung terasa sangat sakit dan membuat kehilangan keseimbangan. Bahkan bila Anda menggunakan sepatu hak tinggi, akan semakin sulit menyeimbangkan tubuh sehingga bisa saja Anda terjatuh dan membahayakan kehamilan.

4. Jangan Sauna atau Berendam dengan Air Panas

Jika Anda merasa sakit selama kehamilan, bersantai di bak mandi air panas mungkin akan terasa menyenangkan. Tetapi peningkatan suhu tubuh selama trimester pertama dapat menyebabkan bayi mengalami cacat lahir tertentu. Hindari berendam dengan bak mandi air panas, cobalah ganti dengan mandi air hangat.

[Baca Juga: Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak dimulai Sejak Kehamilan]

5. Hati-hati dengan Kucing

Jika Anda memiliki peliharaan kucing dan Anda terpaksa membersihkan kotorannya sendiri, kenakan sarung tangan dan cucilah tangan Anda dengan baik. Kotoran kucing dapat membawa toksoplasmosis, yaitu suatu penyakit parasit yang dapat menimbulkan gangguan yang membahayakan perkembangan janin.

6. Jauhi Asap Rokok

Merokok itu buruk bagi Anda dan bayi Anda, tetapi asap rokok bisa jadi sama buruknya. Ada sekitar 4.000 bahan kimia dalam asap rokok, dan beberapa di antaranya telah dikaitkan dengan kanker. Paparan perokok pasif selama kehamilan dapat menyebabkan:

  • Keguguran
  • Kelahiran prematur
  • Berat badan lahir rendah
  • Masalah belajar atau perilaku saat bayi Anda tumbuh
  • Sindrom kematian bayi mendadak

Itulah enam pantangan untuk wanita hamil, sebaiknya hindari agar bayi yang dikandung dalam keadaan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.