IVA Tes di Kabupaten Tangerang.jpg

Kesehatan

Sebanyak 400 Orang Ikuti IVA Tes di Cikupa Kabupaten Tangerang

Tim Penggerak PKK Kecamatan Cikupa bekerja-sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Puskesmas Cikupa, Desa Pasir Jaya, serta koramil menggelar Sosialisasi dan Pelayanan Tes IVA atau Inspeksi Visual Asam asetat bagi masyarakat pada pertengahan Februari lalu

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Posko Pelayanan Tes IVA di depan Kantor Kecamatan Cikupa yang menyiapkan enam tempat tidur pemeriksaan dengan petugas kesehatan yang siap melayani.

Saat pelaksanaan, terlihat antusias masyarakat mengikutinya. Para pasangan usia subur (PUS) yang tinggal di wilayah Kecamatan Cikupa banyak yang mengikuti kegiatan ini.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Seperti dilansir dari tangerangkab.go.id (22/2/2019), awalnya diperkirakan kegiatan ini hanya akan melayani 250 orang saja, ternyata yang datang mencapai 400 orang.

Ketua TP PKK Kecamatan Cikupa Mas Opah Hendar merasa senang melihat antusias PUS yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semua ini, katanya, tidak terlepas dari dukungan 515 kader posyandu yang berada di 126 posyandu yang tersebar di 12 desa dan dua kelurahan.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

”Selain itu juga berkat dukungan dan partisipasi dari Camat Cikupa, para kepala desa dan lurah yang mendorong masyarakatnya untuk mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya, kami agendakan kegiatan ini setahun sekali,” ucapnya.

Pemegang Program Tes IVA pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangeran dr Dewi, mengakui para PUS di wilayah Kecamatan Cikupa memang selalu antusias untuk menjaga kesehatan dirinya. Sebab itu, diharapkan capaian target IVA Tes yang telah ditentukan bisa tercapai secapatnya.

Sementara Camat Cikupa Hendar Hermawan, menyatakan kegiatan ini dimaksudkan agar pasangan usia subur di wilayahnya dapat terhindar dari Kanker Servik. “Karena pemeriksaan Tes IVA adalah salah-satu deteksi dini penyakit itu, untuk selanjutnya yang terjangkit dapat melakukan pengobatan lebih awal,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.