IVA Tes di Kabupaten Tangerang.jpg

Kesehatan

Sebanyak 400 Orang Ikuti IVA Tes di Cikupa Kabupaten Tangerang

Tim Penggerak PKK Kecamatan Cikupa bekerja-sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Puskesmas Cikupa, Desa Pasir Jaya, serta koramil menggelar Sosialisasi dan Pelayanan Tes IVA atau Inspeksi Visual Asam asetat bagi masyarakat pada pertengahan Februari lalu

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Posko Pelayanan Tes IVA di depan Kantor Kecamatan Cikupa yang menyiapkan enam tempat tidur pemeriksaan dengan petugas kesehatan yang siap melayani.

Saat pelaksanaan, terlihat antusias masyarakat mengikutinya. Para pasangan usia subur (PUS) yang tinggal di wilayah Kecamatan Cikupa banyak yang mengikuti kegiatan ini.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Seperti dilansir dari tangerangkab.go.id (22/2/2019), awalnya diperkirakan kegiatan ini hanya akan melayani 250 orang saja, ternyata yang datang mencapai 400 orang.

Ketua TP PKK Kecamatan Cikupa Mas Opah Hendar merasa senang melihat antusias PUS yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semua ini, katanya, tidak terlepas dari dukungan 515 kader posyandu yang berada di 126 posyandu yang tersebar di 12 desa dan dua kelurahan.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

”Selain itu juga berkat dukungan dan partisipasi dari Camat Cikupa, para kepala desa dan lurah yang mendorong masyarakatnya untuk mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya, kami agendakan kegiatan ini setahun sekali,” ucapnya.

Pemegang Program Tes IVA pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangeran dr Dewi, mengakui para PUS di wilayah Kecamatan Cikupa memang selalu antusias untuk menjaga kesehatan dirinya. Sebab itu, diharapkan capaian target IVA Tes yang telah ditentukan bisa tercapai secapatnya.

Sementara Camat Cikupa Hendar Hermawan, menyatakan kegiatan ini dimaksudkan agar pasangan usia subur di wilayahnya dapat terhindar dari Kanker Servik. “Karena pemeriksaan Tes IVA adalah salah-satu deteksi dini penyakit itu, untuk selanjutnya yang terjangkit dapat melakukan pengobatan lebih awal,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.