pp1.jpg

Kesehatan

Sebanyak 88 Persen Ibu Pernah Alami Mom Shaming, Ini Penjelasannya!

Menjadi seorang ibu bukanlah pekerjaan mudah, terutama ibu milenial dan Gen Z yang saat ini aktif di media sosial. Kerap kali pola asuh diterapkan mendapat komentar kurang menyenangkan di media sosial, tidak banyak yang memberikan komentar juga merupakan sesame seorang ibu.

Fenomena ini bisa disebut sebagai mom shaming, tidak hanya di media sosial, di kehidupan nyata pun sering di jumpai. Contohnya mengomentari seorang ibu yang memberikan susu formula kepada anaknya, membandingkan tumbuh kembang anak, bahkan hingga mengomentari bentuk tubuh.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BukaReview terhadap 208 ibu milenial, terdapat sebanyak 88 persen ibu pernah mengalami mom shaming dan lebih dari 90 persen ibu merasakan bahwa mom shaming kini semakin marak. Sebanyak 12 persen ibu merasa tidak pernah atau tidak sadar pernah mengalami mom shaming.

[Baca Juga: Ibu Hamil Dapat Berikan Antibodi COVID-19 Ke Bayinya]

Sebanyak 103 ibu mengatakan ada ketidaksadaraan akan dampak negatif dari mom shaming sehingga dianggap wajar dialami seorang ibu. Selain itu, 41 orang ibu mengungkapkan adanya rasa tidak percaya diri sehingga melampiaskannya kepada ibu lain. Sebanyak 40 ibu mengatakan adanya rasa iri terhadap pencapaian ibu lain dan 24 ibu menjelaskan karena semakin banyak ibu yang membagikan soal anaknya di media sosial.

Namun, tidak bayak juga ibu yang merasa bahwa mom shaming adalah hal yang umum atau biasa saja. Kenyataannya, kalimat yang terlontar bisa saja dianggap sebagai sesuatu yang menyakitkan oleh seorang ibu yang mendengarnya bahkan hingga berdampak pada kesehatan mental seorang ibu.

Korban dari mom shaming bisa mengalami kecemasan berlebih dan tidak percaya diri terhadap kemampuan dirinya mengurus anak sehingga membuat ibu yang terkena mom shaming dapat menyalahkan dirinya sendiri terkait pola asuh yang diambil dan menganggap dirinya tidak pantas menjadi seorang ibu.

[Baca Juga: Sebanyak 494 Anak di Sumut Kehilangan Orangtua Akibat COVID-19]

“Efek mom shaming bisa membekas lama, makanya harus cepat diatasi agar ibu tidak sampai depresi,” ungkap Vera Itabiliana, Psikolog.

Sebenarnya, mom shaming sudah ada sejak dahulu, namun karena saat ini penggunaan media sosial semakin marak maka perilaku mom shaming pun semakin sering terjadi. Setiap orang kini bisa mengungkapkan kritikan dengan menggunakan akun anonim.

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id, dari hasil survei BukaReview, mom shaming tidak hanya dilontarkan oleh sesama ibu tetapi juga dari anggota keluarga.

“Saat pertama jadi ibu, tadinya mau curhat kondisi, malah diwejangi macam-macam. Saya lagi capek, jadinya malah makin down,” papar Rahne, influencer parenting.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.