Sebaran COVID-19 Rendah, Jabar Tetap Lakukan Rapid Tes di 700 Pasar

Berita Kawasan

Sebaran COVID-19 Rendah, Jabar Tetap Lakukan Rapid Test di 700 Pasar

Pasar menjadi tempat yang harus diwaspadai terkait penyebaran COVID-19. Banyaknya orang yang membeli kebutuhan pokok di pasar membuat risiko penyebaran penyakit tersebut semakin tinggi.

Untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gelombang dua COVID-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar akan menggelar rapid test dan PCR test keliling di 700 pasar tradisional di seluruh wilayah Jawa Barat (Jabar). Tes tersebut dilakukan dengan memanfaatkan 627 kendaraan mobil COVID-19 dibantu dengan petugas TNI dan Polri.

"Minggu ini kita akan melakukan pelacakan di 700 pasar, karena kami mendapati di Jabar salah satu potensi persebaran yang perlu diwaspadai adalah pasar tradisional," ujar Emil.

[Baca Juga: PSBB Longgar, Jumlah Kasus COVID-19 di Bandung Bertambah]

Di sejumlah daerah di Jabar, pasar tradisional memang menjadi area publik yang paling diwaspadai terkait penyebaran COVID-19. Setelah kasus positif ditemukan di Pasar Antri Kota Cimahi beberapa waktu lalu, kini pasar leuwipanjang di kota Bandung juga harus ditutup salah satu blok nya akibat adanya pedagang yang terinfeksi COVID-19.

Sebaran COVID-19 Rendah, Jabar Tetap Lakukan Rapid Tes di 700 Pasar

Meski di Jabar terjadi peningkatan kasus COVID-19, namun kata Emil jumlahnya tidak terlalu signifikan. Bahkan menurut Emil, sampai saat ini Jabar masih menjadi provinsi dengan tingkat penyebaran COVID-19 terendah keempat di Indonesia.

Hal itu berdasarkan Reproduksi virus (Rv) Corona di Jawa Barat (Jabar) masih bertahan di bawah angka 1, tepatnya 0,72 selama tiga pekan terakhir. Meski begitu, tetap saja antisipasi harus dilakukan agar COVID-19 tidak semakin menyebar.

[Baca Juga: Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020]

“Sempat terjadi penambahan kasus selama sepekan terakhir. Namun peningkatannya tak begitu signifikan. Terjadi peningkatan tapi kecil, tapi menurut kami peningkatan itu besar dan kecilnya tetap kita waspadai agar tak terjadi second wave atau gelombang kedua,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain menggelar rapid test dan PCR test keliling di 700 pasar tradisional, seminggu sebelumnya Pemprov Jabar juga sudah melakukan pengetesan terhadap 180 ribu orang untuk mengetahui persebaran COVID-19 di Jabar.

Dari jumlah tersebut, mayoritas warga yang diperiksa merupakan orang tanpa gejala (OTG). Meski begitu, data lengkap mengenai status daerah berdasarkan hasil pengetesan tersebut belum selesai.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.