Sebelum Diresmikan Jokowi, Wali Kota Surabaya Kunjungi PSEL Benowo.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Diresmikan Jokowi, Wali Kota Surabaya Kunjungi PSEL Benowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan mengunjungi Kota Surabaya pada pekan ini untuk meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik atau PSEL Benowo. Jika sesuai rencana maka orang nomor satu di Tanah Air itu akan datang ke Kecamatan Benowo pada 6 Mei 2021. Sebelum Presiden Jokowi tiba, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyempatkan diri untuk meninjau persiapan PSEL Benowo untuk melihat operasional dari fasilitas yang memungkinkan pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Pada peninjauan yang digelar 3 Mei 2021 itu, ketika tiba di PSEL Benowo, Wali Kota Surabaya tersebut langsung bertolak ke area Central Control Room di sana. Ia melihat bagaimana operasional PSEL dan para pegawainya sekaligus mengecek keadaan ruangan-ruangan di sana. “Jadi kali ini saya cek kesiapannya, karena insyaAllah tanggal 6 Mei 2021 akan diresmikan oleh Pak Presiden sebagai pengolahan sampah pertama dengan kapasitas listrik terbesar di Indonesia,” ujar Eri, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (3/5/2021).

Sebelum Diresmikan Jokowi, Wali Kota Surabaya Kunjungi PSE L Benowo.jpg

Saat melakukan peninjauan, Eri Cahayadi berusaha memastikan keadaan ruangan di PSEL Benowo terlihat bersih dan sempurna. Oleh karena itulah ia meminta pihak manajemen di PSEL Benowo untuk mengecat sejumlah ruangan yang catnya terlihat pudar dan lantai-lantai yang masih terlihat kotor, ia minta agar dibersihkan. Selain kedua hal yang disoroti ini, Wali Kota Surabaya tersebut memandang fasilitas PSEL Benowo sudah beroperasi dengan baik.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Tadi boiler-nya dan turbinnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah sudah berjalan seperti biasa, tadi saya ngecek tempat pemilihannya seperti apa, jangan sampai ada yang kurang, tapi alhamdulillah sesuai dengan apa yang ada di kontrak sehingga ini tinggal persiapan diresmikan oleh Pak Presiden,” sambung orang nomor satu di Kota Pahlawan.

[Baca Juga: Wali Kota Surabaya Kunjungi Keluarga Awak KRI Nanggala-402]

Eri melanjutkan dengan menjelaskan alasan mengapa PSEL Benowo dipandang sebagai fasilitas pengolahan sampah yang menghasilkan kapasitas listrik terbesar di Tanah Air. Menurutnya, fasilitas ini berdasarkan kontraknya mampu mengolah 1.000 ton sampah per harinya sehingga dapat diubah menjadi listrik dengan daya 11 megawatt yang bermanfaat bagi warga Kota Pahlawan.

Peresmian PSEL Benowo itu juga disambut baik oleh Ketua DPR RI Sultan B. Najamudin pada awal pekan ini. Sebagaimana dilansir dari merdeka.com (3/5/2021), dirinya sangat mendukung dengan keberadaan fasilitas yang mampu mengolah sampah menjadi bagian dari energi terbarukan sehingga ini dapat menjadi bagian upaya pemerintah dalam memberikan komitmen untuk mendorong percepatan transisi energi di Tanah Air yang masih tergantung terhadap bahan bakar fosil.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.