Sebelum Memutuskan Pakai, Yuk Kenali Menstrual Cup Lebih Dalam

Kesehatan

Sebelum Memutuskan Pakai, Yuk Kenali Menstrual Cup Lebih Dalam!

Pernah dengar soal menstrual cup? Benda yang satu ini merupakan salah satu pilihan alat yang bisa digunakan saat wanita sedang haid atau menstruasi. Fungsinya serupa dengan pembalut, yaitu menahan cairan menstruasi agar tidak bocor. Walau masih asing digunakan di Indonesia, para penggiat kelestarian lingkungan sedang marak mengampanyekan masyarakat untuk beralih dari pembalut ke cawan yang satu ini karena dinilai lebih awet dan tidak menghasilkan sampah.

[Baca Juga: 7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi]

Asal Muasal Menstrual Cup

Benda ini muncul sejak tahun 1930-an dan dipatenkan pada 1932. Awalnya, cawan ini dibuat dari bahan karet. Kemudian pada tahun 1937, bentuknya disempurnakan oleh wanita bernama Leona Chalmers. Kemudian tahun 1987 dikembangkan bahannya agar lebih nyaman dengan menggunakan bahan lateks

Lebih Ekonomis

Jika dilihat dari harga, menstrual cup memang jauh lebih mahal dibandingkan pembalut. Di pasaran, menstrual cup dijual dengan harga mulai dari Rp300 ribuan, sedangkan pembalut dijual dengan harga mulai dari Rp15.000-an. Namun jika dilihat dari masa pakai tentu jauh lebih hemat menstrual cup.

Tak seperti pembalut yang harus dibuang setelah digunakan, menstrual cup bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang, biasanya satu cawan bisa tahan hingga 10 tahun. Jika dihitung-hitung, menggunakan menstrual cup jauh lebih hemat, bukan?

Sebelum Memutuskan Pakai, Yuk Kenali Menstrual Cup Lebih Dalam

Merawat Menstrual Cup

Menstrual cup terdiri dari dua ukuran, yaitu ukuran untuk orang yang belum pernah melahirkan dan ukuran yang lebih besar untuk orang yang sudah pernah melahirkan. Satu cup biasanya bisa penuh atau harus diganti sebanyak minimal dua kali.

Saat menstruasi dan cawan sudah terisi penuh, Anda hanya perlu membuang cairan menstruasi dan membilasnya dengan air dan sabun bayi atau sabun khusus. Jika masa menstruasi sudah selesai, Anda bisa merebus cawan dengan air mendidih agar terhindar dari bakteri.

[Baca Juga: Tips Mencegah Kulit Iritasi Akibat Pembalut]

Cara Menggunakan Menstrual Cup

Cara penggunaannya mirip dengan tampon, namun jika Anda belum familiar dengan keduanya. Pemakaian cawan ini adalah dengan memasukkannya ke dalam vagina. Posisikan diri Anda senyaman mungkin, Anda bisa duduk, jongkok, atau mengangkat satu kaki ke atas. Lalu lipat menstrual cup seperti bentuk U atau C, kemudian masukan ke dalam vagina.

Cara melepasnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menarik ujungnya keluar dengan posisi tubuh senyaman mungkin. Kemudian, tekan bagian bawah cawan dan keluarkan.

Walau masih belum umum dan menjadi kontroversi, menstrual cup kini jadi daya tarik banyak orang karena lebih murah, mudah digunakan, dan dapat mengurangi sampah.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.