Nikmati Beragam Teh Bakal Serta Kenali Manfaatnya

Kuliner

Sebelum Menikmati Beragam Teh, Kenali Manfaatnya

Minum teh setiap hari ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh manusia. Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh bisa membuat tubuh terhindar dari risiko terkena beberapa jenis kanker.

Direktur Nutrisi dan Gaya Hidup Psikiatri di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Fakultas di Harvard Medical School Uma Naidoo MD, menjelaskan bahwa minum teh adalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker. Minum teh hitam secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Nikmati Beragam Teh Bakal Serta Kenali Manfaatnya

Di Indonesia, teh yang populer adalah jenis teh hitam atau black tea. Teh hitam ini dapat berupa teh daun dan teh kantong atau teh celup. Begitu banyak macam teh yang dapat dijumpai saat berbelanja di pusat perbelanjaan. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai jenis teh yang ada di pasaran dan apa faedahnya.

[Baca Juga: Wow! Dalam sebulan 24 Ribu Botol Teh Tarik Jelly Terjual Habis!]

Berikut adalah sejumlah ragam teh beserta khasiatnya, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber (2/9/2019).

  • Teh Hitam

Teh ini sangat populer dan secara luas dikonsumsi. Terbuat dari daun teh yang difermentasi. Teh hitam mengandung kafein tinggi. Teh hitam sangat efektif dalam mengendalikan kerusakan paru-paru karena merokok. Selain itu juga menurunkan risiko stroke.

Nikmati Beragam Teh Bakal Serta Kenali Manfaatnya

  • Teh Oolong

Teh ini mirip dengan teh hitam. Teh ini difermentasi sehingga memberikan rasa yang lebih kuat. Karena enzim tertentu dalam teh ini, membantu mencairkan trigliserida, dan membantu dalam penurunan berat badan.

  • Teh Pu-erh

Teh ini terbuat dari daun dan batang tanaman Camellia sinensis. Keduanya melalui fermentasi dan penyimpanan yang panjang. Teh ini berguna untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan dan membantu mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh.

[Baca Juga: 5 Kegunaan Kantung Teh Bekas untuk Kebun Rumah]

  • Teh Hijau

Teh ini dianggap sebagai teh terbaik jika Anda ingin menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung dosis tinggi dari EGCG. Senyawa ini memiliki sifat kuat, yang mencegah berbagai penyakit seperti kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, dan banyak lagi. Teh hijau juga membantu dalam mencegah penyakit Alzheimer, membakar lemak dan menghilangkan stres.

Nikmati Beragam Teh Bakal Serta Kenali Manfaatnya

  • Teh Putih

Teh putih mengalami pengolahan minimal, sehingga memiliki tingkat tinggi antioksidan. Antioksidan dalam teh putih ini membantu dalam mencegah kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, konsumsi secara teratur juga membantu dalam menurunkan risiko kanker, tekanan darah, dan masalah kolesterol.

  • Teh Herbal

Teh ini adalah kombinasi buah-buahan kering, bunga, dan tumbuhan lain. Ada berbagai teh herbal di pasaran seperti teh chamomile, peppermint tea, dan sebagainya. Semuanya memiliki manfaat tertentu, mulai membuat tidur nyenyak, serta menurunkan hipertensi.

Nikmati Beragam Teh Bakal Serta Kenali Manfaatnya

  • Teh Rasa

Selain teh hitam, putih, atau teh hijau biasa, ada yang dicampur dengan berbagai rasa seperti kayu manis, lavender, atau rasa buah tertentu. Memiliki kadar antioksidan yang sama, selain itu menambahkan rasa pada teh. Pilihlah yang bebas dari gula, untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

Seperti yang telah diyakini sejak lama, teh memiliki khasiat luar biasa, karena dapat bersifat sebagai antikanker hingga menjaga kesehatan jantung. Tapi perlu dicatat bahwa khasiat teh tersebut akan optimal tanpa adanya campuran gula. Teh bisa menjadi minuman enak karena bisa disajikan dingin atau panas.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.