Kenapa PSBB Malang Raya Belum Dilaksanakan

Berita Kawasan

Sebelum New Normal, Malang Raya Siapkan Masa Transisi 7 Hari

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya hanya berlaku satu putaran. PSBB di Malang Raya akan berakhir hingga 30 Mei 2020 dan tidak akan diperpanjang berdasarkan rapat pembahasan evaluasi PSBB Malang Raya yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama tiga Kepala Daerah, yakni Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Bupati Sanusi pada 27 Mei 2020 di Kantor Bakorwil III Malang.

"Kami baru saja melakukan evaluasi pelaksanaan PSBB di Malang Raya pada hari ke 11 ini. Saya mengikuti dari beberapa media monitoring dari yang telah dilansir, apakah dari kepala daerah, dari tokoh, akademisi dan masyarakat di Malang Raya, yang suasananya itu PSBB dilakukan sekali saja," ujar Khofifah.

Melansir laman malangtimes.com (28/05/2020). Pasca PSBB, Malang Raya akan melaksanakan ketentuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk masuk pada fase new normal. Guna membahas persiapan pasca PSBB, pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah melakukan rapat teknis.

"Dari suasana itu kami melakukan rapat teknis dengan tim pakar tadi malam. Dan antara lain adalah kita melihat bagaimana pedoman WHO, transisi pasca restriksi (PSBB)," ucap Khofifah.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan PSBB di Malang Raya menjadi pilot project untuk ketiga kepala daerah. Oleh sebab itu, pasca PSBB menuju new normal akan dilakukan masa transisi selama 7 hari.

Artinya, baik Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang siap menerapkan new normal setelahnya. "Apa yang disampaikan oleh Bu Gubernur bahwa kita masuk pada transisi pasca PSBB ini menjadi keharusan untuk kita sama-sama taati dan kita patuhi. Dengan berbagai pertimbangan kami bertiga menyampaikan cukup sekali saja PSBB," jelasnya.

Dalam masa transisi tersebut, memasuki new normal perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat tetap digerakkan.

"Pasca PSBB bukan berarti selesai dan COVID-19 selesai. Ini belum masuk new normal life, masih masa transisi itu. Bagaimana pola hidup dan gaya hidup ketika PSBB itu nanti akan diboyong pada masa transisi dan masa new normal," jelasnya.

Sutiaji menambahkan pada masa transisi tersebut ketiga Kepala Daerah Malang Raya juga akan menyusun Perwal dan Perbup untuk mengatur apa saja yang bisa dijalankan dan tidak pada masa transisi.

"Kami bertiga (tiga kepala daerah Malang Raya) akan menyusun ketika ada PSBB kita pakai perwal PSBB, maka dalam waktu dekat setelah tanggal 30 Mei juga terbit perwal transisi. Yang kita ambil adalah 7 hari, kita akan lihat dan kita evaluasi. Mudah-mudahan setelah transisi kita bisa masuk kepada new normal," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.