Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda

Hobi dan Hiburan

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda

PlayStation (PS) hingga saat ini masih menjadi salah satu konsol yang paling digemari masyarakat di dunia. Hal itu terbukti dari penjualannya yang terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan untuk PS2, konsol yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, Sony ini masih menjadi konsol terlaris di dunia dengan 155 juta penjualan.

Di Indonesia, PS lebih banyak dikenal anak-anak jika dibanding konsol game lainnya. Banyak rental game di Indonesia yang lebih memilih menyewakan PS dibanding Nintendo atau Microsoft.

Kini di pertengahan bulan Juli 2020, Sony kembali memperkenalkan konsol terbarunya yang diberi nama PlayStation 5. Dengan segudang teknologi canggih yang disematkan di dalamnya, diprediksi PS5 masih akan mendominasi industri video game dibanding pesaingnya.

[Baca Juga: Siap-siap, Sony Bakal Rilis Playstation 5 Pekan Ini]

Meski baru akan resmi dijual pada November 2020, namun Sony telah merilis game-game yang akan muncul di unit konsol terbarunya tersebut. Sebut saja game seperti Horizon Zero Dawn 2, Spiderman Miles Morales serta yang paling ditunggu yakni GTA VI.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita mundur ke belakang untuk mengingat kembali masa kejayaan PlayStation dari masa ke masa. Dimulai dari PSX yang menjadi konsol pertama Sony hingga PS4 yang nampaknya akan pensiun dengan kehadiran PS5. Kita mulai dari yang pertama.

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PSX PS One

1) PSX /PS One (1994)

PSX merupakan konsol generasi pertama yang diluncurkan oleh Sony. Dirilis pertama kali di Jepang pada tahun 1994, PSX langsung menggebrak industri game saat itu. Salah satu yang membuat PSX populer pada waktu itu dikarenakan gambar yang dihasilkan lebih baik dibanding konsol game lain di zamannya.

Atas kepopulernya tersebut, PS generasi pertama ini telah terjual sebanyak 102 juta di seluruh dunia serta berhasil mengeluarkan sebanyak 7.300 judul game. Beberapa judul game terkenal yang muncul di PSX diantaranya, Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Grand Theft Auto, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Bahkan beberapa game tersebut masih dibuat seri lanjutannya hingga saat ini. Hal itu membuktikan bahwa game PS tak pernah lekang oleh waktu.

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PS2

2) PS2 (2000)

Di awal tahun 2000an, Sony kembali menggemparkan industri game lewat PS2. Dengan ukuran yang lebih besar dibanding pendahulunya serta pemilihan warna hitam yang menyelimuti seluruh mesinnya membuat banyak gamer beralih ke konsol ini. Terbukti, PS2 merajai penjualan konsol game hingga saat ini

Tidak hanya tampilannya yang mencolok pada waktu itu, teknologi yang disematkan pada PS2 juga mengalami peningkatan yang signifikan dari konsol sebelumnya. Seperti tingkat resolusi gambarnya yang menjadi lebih tajam serta dapat memainkan seluruh game PSX. Selain itu, PS2 juga dapat memutar game dan film dalam format DVD.

Yang menarik, PS2 menjadi konsol Sony pertama yang bisa disambungkan ke internet. Jadi para penggunanya bisa bermain bersama (multiplayer) dengan sesama gamer secara online. Hingga saat ini banyak game PS2 yang dirilis kembali (remastered) untuk generasi konsol terbaru seperti Resident Evil 2, Shadow of Colossus, hingga God of War.

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PSP PlayStation Portable

3) PSP/PlayStation Portable (2003)

Lewat PSP, nampaknya Sony ingin berusaha menyaingi Nintendo yang merajai pasar lewat konsol handheld-nya. Dirilis pada tahun 2003, PSP bisa dibilang cukup lumayan untuk menyaingin Game Boy milik Nintendo. Hal itu terbukti dengan penjualannya yang diperkirakan mencapai 81 juta. Bahkan pada hari pertama peluncuran konsol ini, lebih dari 200.000 unit berhasil terjual.

Tidak hanya untuk bermain game, PSP juga berfungsi untuk memutar film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP juga merupakan konsol pertama yang menggunakan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanan. Saat peluncurannya, PSP dianggap sebagai konsol handheld dengan fitur dan kemampuan multimedia yang mengungguli pesaing-pesaingnya.

[Baca Juga: Konsol Next Gen Futuristik! Sony Akhirnya Tunjukkan PS5 dan Game-nya]

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PS3

4) PS3 (2006)

Bisa dikatakan, PS3 merupakan konsol rumahan Sony yang "kurang laku". Dibanding konsol rumahan Sony lainnya, PS3 "hanya" mencatatkan penjualan di bawah 100 juta. Itu bisa dimaklumi, sebab di tahun tersebut para pesaing Sony juga mengeluarkan konsol canggih. Sebut saja Microsoft dengan Xbox 360-nya serta Nintendo dengan Wii-nya.

Selain itu, konsol yang dirilis pada tahun 2006 ini juga memiliki kelemahan yang disebut dengan istilah YLOD (Yellow Light of Death) di mana mesin akan mengalami overheat saat lampu kuning menyala dan konsol akan mati serta harus direparasi.

Padahal waktu itu, PS3 baru saja memperkenalkan teknologi barunya yakni stick controller yang bersifat wireless. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 pada waktu itu merupakan prosesor tercanggih di zamannya. Selain itu GPU-nya sendiri dibuat oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.

Sony sendiri meluncurkan PS3 dalam 3 versi mulai dari yang pertama sering disebut PS3 Fat. Kemudian PS3 Slim dan terakhir PS3 Super Slim. Produksi PS3 sendiri sudah resmi dihentikan di Jepang pada 29 Mei 2017 lalu.

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PS Vita

5) PS Vita (2012)

Jika PS3 merupakan konsol rumahan Sony yang dianggap kurang laku, PS Vita lebih parah dari itu. Konsol yang dirilis pada tahun 2012 ini dianggap gagal oleh para kritikus game dunia. Bahkan konsol ini hanya terjual sebanyak 15 juta saja di seluruh dunia.

Salah satu penyebab kegagalan PS Vita bisa jadi karena banyakanya smartphone yang mulai bermunculan pada waktu itu. Padahal secara kemampuan, PS Vita dapat memainkan game-game yang kualitas gambarnya hampir setara dengan game PS3. Hanya saja kemampuan itu tak diimbangi dengan jumlah game yang bisa dibilang sedikit dibanding pesaingnya pada waktu itu Nintendo 3ds.

Kini, keberadaan PS Vita semakin terpuruk seiring diluncurkannya konsol hybrid fenomenal milik Nintendo yakni Nintendo Switch. Bukan tidak mungkin jika produksi PS Vita tidak akan diteruskan lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda PS4

6) PS4 (2013)

Setelah PS3 gagal menyaingi penjualan konsol Nintendo Wii pada waktu itu, di tahun 2013 Sony kembali bangkit lewat PS4. Bahkan konsol ini sempat membuat developer game PC kewalahan untuk menandingi kecanggihannya.

Tengok saja bagian dapur pacunya. PS 4 diperkuat dengan Quad-Core Steamroller (3ghz) untuk CPU, AMD HD 7670 (1ghz) serta A10 APU untuk GPU. PS4 juga diperkuat dengan RAM sebesar 8 GB dan VRAM sebesar 1 GB. Stick Controllernya juga menggunakan fitur wireless dengan tambahan touchpad yang berguna untuk mengarahkan kursor. Untuk urusan grafis, PS4 sudah mengalami peningkatan yang cukup pesat dari beberapa generasi sebelumnya.

Pada 7 September 2016, Sony mengeluarkan versi PS4 yang lebih kecil yang dinamakan dengan PlayStation 4 Slim serta versi high-end yang diberi nama PlayStation 4 Pro. Untuk PS4 Pro sendiri, Sony meningkatkan CPU dan clock speed untuk mendukung performa yang lebih baik dan resolusi 4K untuk game yang mendukung.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.