Sebelum Tidur Pakai Parfum Ternyata Ada Manfaatnya

Kecantikan dan Fashion

Sebelum Tidur Pakai Parfum? Ternyata Ada Manfaatnya

Anda suka sekali dengan satu jenis parfum sampai-sampai memakainya ketika tidur? Ternyata kebiasaan ini bisa menjadi bentuk aromaterapi yang tidak disengaja. Meskipun stres meningkat sepanjang pandemi, wewangian dalam parfum dapat menenangkan dan memanjakan Anda hingga tertidur lelap sepanjang malam.

Ketika bangun, wangi itu pun menjadi hal pertama yang Anda cium. Aromanya mungkin telah memudar dari kulit, tetapi tetap menempel di seprai dengan wangi yang paling menyenangkan dan halus. Bangun seperti itu dapat membuat Anda merasa anggun, glamor, seperti Marilyn Monroe dengan gaun tidur sutra dan rambut yang ditata rapi. Kenyataannya, bintang legendaris Hollywood itu pernah menyatakan, dia tidak mengenakan apa-apa di tempat tidur kecuali beberapa tetes Chanel no. 5.

Sebelum Tidur Pakai Parfum Ternyata Ada Manfaatnya

Studi menunjukkan, wewangian memiliki kekuatan untuk secara signifikan memengaruhi suasana hati, mengurangi stres, dan mengendurkan otot, semua hal yang Anda inginkan sebelum pergi tidur. Itu adalah alasan yang sama mengapa hotel dan tuan rumah Airbnb menggunakan aroma khusus kamar tidur untuk membantu tamu mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Namun, wewangian apa yang sebaiknya Anda pakai saat tidur? Ada yang senang dengan gourmands manis dan ambers hangat untuk untuk menemani tidur, tapi itu sangat tergantung pada kebutuhan. Beberapa beralih ke parfum seksi yang juga disukai pasangan mereka, sementara yang lain menyemprotkan aroma kelapa yang mengingatkan pada liburan tropis.

[Baca Juga: Tips Memakai Parfum Agar Tahan Lama]

"Untuk tidur nyenyak dan bangun dengan istirahat total, saran saya adalah memanjakan diri dengan aroma berbasis vanilla. Note yang berbeda bisa lebih menarik di malam hari, terutama bunga putih, seperti magnolia, melati, dan ylang ylang," kata Paolo Terenzi, ahli parfum dan pendiri Tiziana Terenzi seperti diberitakan realsimple.com (17/2/2021).

Jika Anda sulit tidur, Rachel Beider, ahli aromaterapi bersertifikat dari Cinquieme Sens via Pratt di New York City, merekomendasikan kombinasi clary sage, roman chamomile, dan bergamot.

"Kamomil Romawi sangat menenangkan dan menenangkan saat dioleskan pada waktu tidur. Clary sage sebenarnya adalah anti-spasmodik, jadi sangat membantu untuk mengurangi kegelisahan, dan bergamot dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung, yang dapat menenangkan perasaan cemas," Beider menerangkan.

Sebelum Tidur Pakai Parfum Ternyata Ada Manfaatnya

Minyak esensial adalah pilihan lain yang layak. "Jika parfummu mengandung minyak esensial, itu mungkin dapat menjadi pereda sakit kepala, yang dapat berkontribusi besar pada kualitas tidur," tambah Laura Bates, pelatih ilmu tidur bersertifikat dan salah satu pendiri Comfybeddy.com.ua.

Dia menambahkan, "Dalam hal ini, parfummu bisa berfungsi sebagai alat aromaterapi. Minyak esensial akan mengirimkan sinyal ke otak, menciptakan rasa relaks yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur."

Jika Anda memilih minyak esensial, ahli aromaterapi sangat merekomendasikan lavender, yang bila dipakai sebagai parfum telah terbukti dapat mengurangi gejala insomnia. "Ini dilakukan dengan mengubah gelombang listrik di otak selama fase kunci dari siklus tidur non-rapid eye movement (NREM), siklus yang dianggap bertanggung jawab untuk memperbarui koneksi pikiran-tubuh, mengkonsolidasikan memori, dan memperbaiki jaringan yang rusak," kata Brittany Hogan, ahli aromaterapi dan pendiri Nefertem Holistic Skincare.

[Baca Juga: Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum]

"Penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup lavender sebelum dan selama tidur dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, mengurangi waktu bangun di malam hari, dan meningkatkan vitalitas keesokan harinya," ujar Hogan.

Kiat lain? "Gunakan esensial yang dibuat dengan molekul alami, karena mereka mampu mengembangkan efek aromaterapi yang akan mendamaikan tidur; sedangkan note sintetis sayangnya tidak memiliki sifat yang bermanfaat ini," kata Terenzi.

Apa pun yang Anda pilih, gunakan untuk aroma pengantar tidur. Meskipun kekuatan asosiasi aroma dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, wanginya juga memiliki efek yang sama jika dikenakan pada siang hari.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.