Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir

Kesehatan

Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir

Bukan hanya di Ibu Kota tapi hampir di seluruh wilayah Tanah Air, saat ini isu Novel Coronavirus atau virus Corona memicu kekhawatiran dari banyak pihak. Mengapa tidak? Virus yang asalnya berasal dari wilayah Tiongkok ini disebut terhitung sudah ada 17.205 kasus orang yang terkonfirmasi menderitanya di beberapa negara, dengan ratusan yang kehilangan nyawa akibatnya.

Penyebaran virus yang cepat serta tingkat kematian yang terbilang tinggi ini dipicu karena masih belum ada obat untuk Corona. Namun tahukah Anda sebelum Corona, ada juga virus yang sempat viral di dunia dan memicu kekhawatiran?

Sebelum virus Corona yang saat ini, virus yang sempat menggemparkan dunia adalah Severe Acute Respiratory (SARS) atau Sindrom Pernapasan Akut dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau Sindrom Pernapasan Timur Tengah. Menariknya, kedua virus ini sebenarnya memiliki hubungan dengan virus Corona karena memiliki takson yang serupa yaitu famili coronavirus. Namun bagaimana kedua virus ini dibandingkan dengan Corona?

Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir SARS

SARS

Sebagaimana dilansir dari thehill.com (3/2/2020) penyebaran penyakit SARS ( severe acute respiratory syndrome) terjadi pada tahun 2002 hingga 2003. Serupa dengan Corona, penyebaran virus ini pertama kali hadir di Tiongkok dengan laporan awalnya terdeteksi pada 16 November 2002. Ketika terdeteksi oleh pejabat kesehatan di Tiongkok, mereka masih belum mengetahui penyakit itu dengan pihak Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru mengetahui mengenai penyebaran SARS pada 14 Februari 2003. Berselang beberapa hari setelah itu, sudah ada sekitar 13 negara yang terpapar SARS.

[Baca Juga: Latihan Teknik Pernapasan Untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru]

Karena di kala penyebarannya masih banyak yang tidak diketahui, butuh waktu berbulan-bulan untuk menghentikan wabahnya serta mengidentifikasinya dengan pembahasan genomnya dirilis pada April 2003. Hingga berakhirnya penyebarannya, virus SARS menyebabkan sekitar 8.000 kasus dengan kematian mencapai 774 orang di seluruh dunia.

Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir MERS

MERS

Serupa dengan virus Corona dan SARS, MERS disebabkan oleh coronavirus yang memiliki nama MERS-CoV. Di mana penyebaran pertamanya diindikasikan terjadi di Arab Saudi pada September 2012. Berdasarkan keterangan WHO, virus MERS menyebar dari hewan unta, khususnya dari sisi konsumsi susu mentah, urine, atau daging yang tidak dimasak matang.

[Baca Juga: Menkes Himbau Waspadai Virus MERS-Cov]

Penyebaran virus MERS dimulai dari Arab Saudi, kemudian ke Qatar, Yornadia, Uni Emirat Arab, serta para wisatawan di Inggris, Italia, Prancis dan Tunisia. Berselang beberapa tahun kemudian, MERS juga sempat menyebar di Korea Selatan tapi wabahnya berhasil dihentikan pada Juli 2015. Hingga akhir dari penyebarannya, MERS menyebabkan 186 kasus dengan 38 orang yang kehilangan nyawanya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.