Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Bisnis

Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Terbentuknya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dalam mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi syariah di dalam negeri, KNKS telah menetapkan langkah dan strategi utama master plan Ekonomi Syariah Indonesia yang dimulai tahun 2019 hingga 2024.

Salah satu program KNKS yang akan dijalankannya yaitu melalui Gerakan Indonesia Ramah Zakat. Oleh sebab itu, Kota Tangerang dipilih KNKS sebagai pilot project Kota Ekonomi Syariah. Mengutip laman tangerangkota.go.id (11/09/2019). Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyatakan terpilihnya Kota Tangerang dikarenakan sejalan dengan program KNKS yang mendorong kesejahteraan dengan dana sosial-keagamaan antara lain zakat. "Program KNKS akan melibatkan semua elemen, seperti Baznas, LAZ, dan penggerak-penggerak ekonomi syariah dan Kota Tangerang sudah melakukan itu," jelasnya.

Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Kota Tangerang dinilai berhasil dalam pengelolaan dana zakat lewat berbagai program yang mendukung perkembangan ekonomi syariah seperti ATM Beras dan UPZ. "Nanti juga akan ada Baitul Maal wa Tamwil (BMT), untuk membantu mensosialisasikan bank hitam, bank keliling dan rentenir, sehingga bisa meringankan beban masyarakat, meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan sesuai dengan program Kota Tangerang," imbuh Arief.

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Sementara itu, Ventje Rahardjo Soedigno selaku Direktur Eksekutif KNKS menegaskan Kota Tangerang telah menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang ingin bersedekah. "Disebut ramah zakat apabila ada yang ingin membayar kewajibannya tidak pusing lagi karena sudah dekat dan mudah, seperti kita tahu di Kota Tangerang sedang berjalan UPZ di tiap masjid dan musala," ucap Ventje. Kemudahan lainnya bagi si penerima zakat kini bisa diterima langsung tanpa perlu memintanya.

[Baca Juga: Dinas Pariwisata Sosialisasi Konsep Wisata Kota Tangerang Selatan]

Menurut Ventje, dengan program zakat yang dimiliki Kota Tangerang untuk menjadikannya Kota Ekonomi Syariah akan berhasil dan dapat dikembangkan lagi bagi wilayah lainnya di Indonesia. Ventje juga meyakini, Kota Tangerang akan berhasil dengan kurun waktu kurang dari satu tahun. "Kota Tangerang nanti akan kami gunakan sebagai rujukan untuk daerah-daerah lain. Pilot project-nya ada di tiga daerah yaitu Kota Tangerang, Kota Palembang dan Kabupaten Bener Meriah," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.