Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Bisnis

Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Terbentuknya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dalam mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi syariah di dalam negeri, KNKS telah menetapkan langkah dan strategi utama master plan Ekonomi Syariah Indonesia yang dimulai tahun 2019 hingga 2024.

Salah satu program KNKS yang akan dijalankannya yaitu melalui Gerakan Indonesia Ramah Zakat. Oleh sebab itu, Kota Tangerang dipilih KNKS sebagai pilot project Kota Ekonomi Syariah. Mengutip laman tangerangkota.go.id (11/09/2019). Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyatakan terpilihnya Kota Tangerang dikarenakan sejalan dengan program KNKS yang mendorong kesejahteraan dengan dana sosial-keagamaan antara lain zakat. "Program KNKS akan melibatkan semua elemen, seperti Baznas, LAZ, dan penggerak-penggerak ekonomi syariah dan Kota Tangerang sudah melakukan itu," jelasnya.

Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah

Kota Tangerang dinilai berhasil dalam pengelolaan dana zakat lewat berbagai program yang mendukung perkembangan ekonomi syariah seperti ATM Beras dan UPZ. "Nanti juga akan ada Baitul Maal wa Tamwil (BMT), untuk membantu mensosialisasikan bank hitam, bank keliling dan rentenir, sehingga bisa meringankan beban masyarakat, meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan sesuai dengan program Kota Tangerang," imbuh Arief.

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Sementara itu, Ventje Rahardjo Soedigno selaku Direktur Eksekutif KNKS menegaskan Kota Tangerang telah menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang ingin bersedekah. "Disebut ramah zakat apabila ada yang ingin membayar kewajibannya tidak pusing lagi karena sudah dekat dan mudah, seperti kita tahu di Kota Tangerang sedang berjalan UPZ di tiap masjid dan musala," ucap Ventje. Kemudahan lainnya bagi si penerima zakat kini bisa diterima langsung tanpa perlu memintanya.

[Baca Juga: Dinas Pariwisata Sosialisasi Konsep Wisata Kota Tangerang Selatan]

Menurut Ventje, dengan program zakat yang dimiliki Kota Tangerang untuk menjadikannya Kota Ekonomi Syariah akan berhasil dan dapat dikembangkan lagi bagi wilayah lainnya di Indonesia. Ventje juga meyakini, Kota Tangerang akan berhasil dengan kurun waktu kurang dari satu tahun. "Kota Tangerang nanti akan kami gunakan sebagai rujukan untuk daerah-daerah lain. Pilot project-nya ada di tiga daerah yaitu Kota Tangerang, Kota Palembang dan Kabupaten Bener Meriah," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.