Seberapa Ampuh Klorokuin Untuk Atasi Virus Corona

Kesehatan

Seberapa Ampuh Obat Malaria Klorokuin untuk Atasi Virus Corona?

Seperti yang kita tahu, baru-baru ini Presiden Joko Widodo telah memesan 5.000 obat yang diklaim dapat menyembuhkan gejala COVID-19. Dari 5.000 obat yang dipesan, sebanyak 2.000 obat merupakan obat asal Jepang yang sudah digunakan di beberapa negara, yakni Avigan. Sedangkan sisanya, adalah jenis obat bernama Klorokuin (Chloroquine).

Avigan adalah nama paten untuk favipiravir. Obat ini sempat disebut Otoritas Kesehatan China efektif mengobati pasien yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2. Obat anti-influenza yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Fujifilm Toyama Chemical pada 2014 silam ini teruji keampuhannya setelah digunakan oleh Pemerintah Cina dalam uji klinis 340 pasien di Wuhan dan Shenzhen beberapa waktu lalu.

Favipiravir, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19

Setelah empat hari, pasien yang mengonsumsi obat tersebut dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sedangkan pasien yang tidak mengonsumsi Avigan, rata-rata membutuhkan waktu hingga 11 hari sampai dinyatakan negatif virus corona.

[Baca Juga: Avigan, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19]

Sedangkan untuk Klorokuin sebenarnya belum benar-benar teruji khasiatnya. Bahkan Kepala Perawatan Klinis dalam Program Emergensi WHO, Janet Diaz tidak menyarankan pasien COVID-19 menggunakan Klorokuin sebagai obat untuk memberantas virus corona.

Ide penggunaan Klorokuin sebagai obat untuk menyembuhkan COVID-19 sebenarnya berawal dari sebuah pesan suara WhatsApp di Nigeria yang mengklaim bahwa obat anti-malaria chloroquine phosphate adalah obat untuk COVID-19.

Dalam pesan suara yang dilansir situs cek fakta AFP itu, seorang pria mengatakan bahwa dokter Prancis dan China memiliki solusi untuk virus corona, dan solusi ini dari chloroquine. Chloroquine yang biasanya digunakan di Afrika untuk menyembuhkan malaria dan demam. Pesan WhatsApp itu juga mengklaim bahwa dengan meminum 500 miligram klorokuin selama delapan hari maka pasien COVID-19 akan sepenuhnya sembuh.

Seberapa Ampuh Obat Malaria Klorokuin untuk Atasi Virus Corona

Klaim itu pun langsung dibantah oleh Goke Akinrogunde yang merupakan direktur klinis di Klinik Kesehatan GTAK di Lagos, Nigeria. Menurutnya, dengan meminum 500 miligram klorokuin selama delapan hari malah akan menyebabkan overdosis.

Bahkan, Klorokuin sendiri sudah dilarang beredar di Nigeria sejak tahun 2005. WHO juga sudah memperingatkan tingkat kegagalan obat yang tinggi dan temuan kasus resistensi obat di sejumlah negara. Meski begitu, masih banyak negara yang percaya bahwa Klorokuin bisa menyembuhkan COVID-19. Salah satunya Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

[Baca Juga: Tanpa Demam, Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Tahap Awal Tertular COVID-19]

Selain kedua obat tersebut, masih ada beberapa obat lagi yang sedang diuji coba oleh beberapa negara untuk menangani virus Corona SARS-CoV-2 seperti obat HIV serta Antiretroviral (ARV). Meski keseluruhan obat tersebut bisa dikatakan ampuh menyembuhkan pasien, tapi cara tersebut belum benar-benar menjadi standar internasional untuk mengobati pasien Covid-19.

"Di berbagai negara dan seperti yang kita tahu di China pernah melakukan uji, di beberapa tempat lain, seperti di Thailand menggunakan ARV untuk melakukan terapi. semuanya memberikan gambaran yang baik tapi masih belum jadi standar dunia," ungkap ujar Juru Bicara Pemerintah terkait pemberantasan Corona Achmad Yurianto.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.