Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19

Kesehatan

Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19?

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh Anda. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Banyak orang yang mempertanyakan kegunaan dari vitamin D yang dapat membantu mengurangi risiko tertular Virus Corona yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan terlindung dari bahaya penyakit pernapasan.

Melansir laman healthline.com (17/04/2020). Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi dan imunoregulatori dan sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh dan dikenal untuk meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan, termasuk sel-T dan makrofag, yang melindungi tubuh Anda dari patogen.

Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19

Kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh lebih rentan terhadap infeksi, penyakit, dan gangguan terkait kekebalan tubuh. Misalnya, peningkatan risiko penyakit pernapasan, termasuk TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), serta infeksi pernapasan akibat virus dan bakteri.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi pernapasan.

Penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin D paling efektif melindungi terhadap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) ketika diminum setiap hari atau setiap minggu dalam dosis kecil dan kurang efektif bila dikonsumsi dalam dosis yang lebih besar.

[Baca Juga: Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona?]

Suplemen vitamin D juga telah terbukti mengurangi angka kematian pada orang dewasa yang lebih tua, yang paling berisiko mengembangkan penyakit pernapasan seperti COVID-19.

Perlu diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat melindungi Anda dari pengembangan COVID-19. Namun, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap infeksi dan penyakit secara keseluruhan dengan merusak fungsi kekebalan tubuh.

Ini sangat mengkhawatirkan mengingat bahwa banyak orang kekurangan vitamin D, terutama orang yang lebih tua yang paling berisiko terinfeksi COVID-19 yang lebih serius.

[Baca Juga: Latihan Teknik Pernapasan Untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru]

Sebaiknya, Anda mengetahui kadar vitamin D Anda untuk menentukan apakah cukup atau kekurangan vitamin D.

Hal ini sangat tergantung pada level darah Anda, menambah 1.000-4.000 IU vitamin D per hari biasanya cukup untuk kebanyakan orang. Namun, bagi orang yang memiliki kadar darah rendah akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa kadar vitamin D optimal terletak antara 30-60 ng / mL (75-150 nmol / L).

Jika Anda tertarik mencukupi vitamin D pada tubuh agar dapat meningkatkan imun, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui informasi dosis yang tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.