Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19

Kesehatan

Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19?

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh Anda. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Banyak orang yang mempertanyakan kegunaan dari vitamin D yang dapat membantu mengurangi risiko tertular Virus Corona yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan terlindung dari bahaya penyakit pernapasan.

Melansir laman healthline.com (17/04/2020). Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi dan imunoregulatori dan sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh dan dikenal untuk meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan, termasuk sel-T dan makrofag, yang melindungi tubuh Anda dari patogen.

Seberapa Besar Pengaruh Vitamin D saat Wabah COVID-19

Kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh lebih rentan terhadap infeksi, penyakit, dan gangguan terkait kekebalan tubuh. Misalnya, peningkatan risiko penyakit pernapasan, termasuk TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), serta infeksi pernapasan akibat virus dan bakteri.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi pernapasan.

Penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin D paling efektif melindungi terhadap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) ketika diminum setiap hari atau setiap minggu dalam dosis kecil dan kurang efektif bila dikonsumsi dalam dosis yang lebih besar.

[Baca Juga: Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona?]

Suplemen vitamin D juga telah terbukti mengurangi angka kematian pada orang dewasa yang lebih tua, yang paling berisiko mengembangkan penyakit pernapasan seperti COVID-19.

Perlu diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat melindungi Anda dari pengembangan COVID-19. Namun, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap infeksi dan penyakit secara keseluruhan dengan merusak fungsi kekebalan tubuh.

Ini sangat mengkhawatirkan mengingat bahwa banyak orang kekurangan vitamin D, terutama orang yang lebih tua yang paling berisiko terinfeksi COVID-19 yang lebih serius.

[Baca Juga: Latihan Teknik Pernapasan Untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru]

Sebaiknya, Anda mengetahui kadar vitamin D Anda untuk menentukan apakah cukup atau kekurangan vitamin D.

Hal ini sangat tergantung pada level darah Anda, menambah 1.000-4.000 IU vitamin D per hari biasanya cukup untuk kebanyakan orang. Namun, bagi orang yang memiliki kadar darah rendah akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa kadar vitamin D optimal terletak antara 30-60 ng / mL (75-150 nmol / L).

Jika Anda tertarik mencukupi vitamin D pada tubuh agar dapat meningkatkan imun, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui informasi dosis yang tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.