Seberapa Efektifkah Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19

Kesehatan

Seberapa Efektif Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19?

Akhir-akhir ini kita sering melihat adanya pengecekan suhu tubuh menggunakan alat thermal scan di berbagai pusat perbelanjaan, gedung pemerintahan, bandara, sekolah dan di sejumlah tempat keramaian. Hal itu tak lain untuk meminimalisir penularan COVID-19 di tempat umum.

Bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiagakan 135 thermal scan di tiap bandara di Indonesia. Lalu, seberapa efektifkah thermal scan mampu meminimalisir penyebaran SARS-CoV-2 atau virus corona?

Seperti yang kita tahu, salah satu gejala seseorang yang terkena infeksi virus corona adalah suhu tubuhnya yang di atas 38 derajat celcius. Untuk itu diperlukan thermal scan atau termometer panas untuk mengukur suhu tubuh seseorang.

[Baca Juga: Apa Arti Status Pandemi dari WHO bagi COVID-19?]

Meski begitu, thermal scan pada kenyataannya hanya mampu mendeteksi demam dan tidak bisa mendeteksi orang yang terinfeksi virus corona. Sebab, biasanya virus corona membutuhkan waktu antara dua sampai 10 hari sebelum membuat orang yang terinfeksi mengalami demam.

Di beberapa kasus seperti di Perancis misalnya, dokter dari rumah sakit di Paris menyatakan dua dari tiga warga asal China di Prancis yang terinfeksi virus korona datang ke negara itu tanpa menunjukkan gejala terinfeksi virus tersebut.

Seberapa Efektif Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19

Maka dari itu, thermal scan saja tentunya tidak cukup untuk mendeteksi seseorang positif mengidap penyaki COVID-19 atau tidak. Cara yang paling efektif untuk menangkal penyebaran virus tersebut adalah dengan melakukan mitigasi pencegahan masuknya pendatang dari luar negeri.

Untungnya saat ini pemerintah Indonesia telah menerapkan pengecekan berlapis di bandara khususnya di pintu masuk kedatangan internasional. Selain menyiapkan thermal scan, para pendatang dari luar negeri juga diwajibkan mengisi kartu kewaspadaan atau health alert card yang telah disiapkan maskapai penerbangan bersama Kementerian Kesehatan.

[Baca Juga: Meminimalisir Penyebaran Corona, Ganti Pembayaran dengan Nontunai]

Nantinya, healt alert card ini berfungsi untuk mengetahui riwayat perjalanan dan kesehatan yang dialami penumpang dari luar negeri. Hal itu untuk mempermudah penanganan dokter jika sewaktu-waktu pendatang mengalami gejala yang mirip dengan penyakit COVID-19.

"Tapi ada health alert card, bawa kartu, dientri di komputer, kartu ini dibawa dengan catatan yang mereka paham 14 hari setelah kedatangan mengeluh sakit, inkubasi muncul, kita minta berobat dan tunjukkan kartunya," kata Juru bicara khusus COVID-19, Achmad Yurianto.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Hanya di qqharian,club website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di qqharian,club