Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Selama DiRumahAja

Bisnis

Sebuah Startup di Indonesia Terapkan Kerja Full Remote Pasca PSBB

Selain berdampak pada pola hidup masyarakat, pandemi COVID-19 ternyata turut berdampak pada perubahan sistem kerja di Indonesia. Untuk pertama kalinya, sebuah startup di Indonesia yakni Campaign.com menerapkan sistem full remote secara permanen.

CEO Campaign.com mengungkapkan bahwa keputusan besar untuk menerapkan full remote ini berdasarkan evaluasi penerapan sistem kerja work from home atau WFH. Kebijakan ini dibuat setelah mempertimbangkan sejumlah aspek, seperti menciptakan lebih banyak peluang baru serta mendobrak batas waktu dan wilayah.

“Keputusan untuk memberlakukan full remote work secara permanen ini tidak hanya sekedar upaya menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, atau dampak baik terhadap lingkungan,” jelas William, dalam webinar Life After COVID 19: Indonesian Startup Adapts to Full Remote Work Permanently (111/6/2020).

Meski Sama-Sama Bekerja Di Luar Kantor, Ini Bedanya WFH dan Kerja Remote

William mengatakan, keputusan tersebut juga dibuatnya karena sadar bahwa dengan sistem kerja full remote tetap dapat melakukan kolaborasi dan kerjasama tanpa ada batasan tempat dan waktu.

“Semua orang bisa bekerja dari mana pun dan kapan pun. Tidak perlu lagi ada update meeting yang lama setiap minggunya, tapi bisa digantikan dengan diskusi tertulis yang juga dilakukan secara online. Proses kerja jadi dinamis dan justru jadi bagian yang menyenangkan dalam full remote work ini,” jelasnya.

Tetap Efektif

Penerapan sistem remote work dirasa dapat berpengaruh baik bagi kesehatan mental pekerjanya. Dengan sistem remote work, produktivitas pekerja tak lagi dinilai berdasarkan durasi kerja, namun pada hasil kerjanya. Pekerja pun dapat menyesuaikan waktu kerja mereka. Apalagi setiap individu memiliki karakteristik tersendiri dalam bekerja.

Meski begitu, HR Expert and Podcaster askHRlah Monica Anggar mengatakan tak semua sektor usaha dapat menerapkan sistem remote work untuk para pekerjanya. Sejauh ini perusahaan yang telah melakukan sistem remote work yakni perusahaan Startup dan teknologi.

Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen

Dia menilai bahwa penerapan sistem bekerja dari rumah yang sebelumnya telah dilakukan menunjukkan kalau tetap bisa bekerja dengan baik.

“Sekarang kita sudah belajar kalau bekerja tidak harus dari kantor. Nyatanya, kita bisa kan tetap bekerja dari rumah dengan baik. Ini sudah saatnya semua bisa dilakukan atau dikerjakan dengan beralih remote,” katanya.

Selain itu, dia juga menilai kalau sistem kerja remote tak serta merta menurunkan efektivitas dalam bekerja. Menurutnya, kerja tetap dapat efektif dengan memaksimalkan penggunaan sejumlah aplikasi pendukung. Misalnya seperti penggunaan Slack, Basecamp, Google Suite, dan lainnya.

[Baca Juga: Keren! Perusahaan-perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen]

Menurut hasil riset Gartner Research, sebanyak 74% perusahaan di dunia berencana untuk beralih menjadi full remote secara permanen. Sejumlah perusahaan ternama dunia juga telah memutuskan untuk menerapkan sistem remote, yakni Facebook dan Twitter.

Sementara itu di Indonesia, Campaign.com menjadi Startup pertama yang turut menerapkan sistem remote. Saat ini tim Campaign.com tersebar di 7 kota berbeda dan 56% di antaranya berada di luar Jakarta.

[Baca Juga: Karier Tetap Cemerlang Meski WFH, Begini Caranya]


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.