Sebulan Lagi! Ini Tips Asupan untuk Hadapi Maybank Marathon 202 2.jpg

Kesehatan

Sebulan Lagi! Ini Tips Asupan untuk Hadapi Maybank Marathon 2022

Bagi para pegiat serta penggemar event olahraga marathon maka Maybank Marathon 2022 yang akan digelar di Bali pada 28 Agustus 2022 menjadi acara yang paling ditunggu. Mengingat Maybank Marathon merupakan satu-satunya ajang marathon yang masuk kategori Elite Label Road Race di Indonesia. Tentu saja banyak pelari yang sudah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari demi memastikan fisik mereka menunjang dalam ajang lari marathon tersebut dan pihak Maybank mendukung hal ini dengan kegiatan road to Maybank Marathon 2022. Di mana salah satu agenda kegiatannya adalah edukasi mengenai asupan gizi serta nutrisi untuk persiapan lari marathon.

Menurut pihak Maybank, dalam menyambut Maybank Marathon 2022, tak hanya fisik serta stamina saja yang harus dijaga. Pasalnya ketika lari marathon nanti, Anda membutuhkan karbohidrat, air, protein, dan lemak yang lebih banyak dibandingkan orang pada umumnya. Di mana untuk pelari pria, kebutuhan asupan gizi serta nutrisinya berada di angka 3300-3500 kkal. Lalu untuk perempuan butuh kebutuhan asupan 2100-2300 kkal.

Sebulan Lagi! Ini Tips Asupan untuk Hadapi Maybank Marathon 2022.jpg

“Porsi ideal asupan nutrisi setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan kondisi kesehatan fisik. Ketika tengah bersiap diri mengikuti ajang marathon, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau ahli gizi guna merancang sebuah rencana asupan nutrisi yang komprehensif dan berlandaskan analisa terhadap kondisi fisik masing-masing pelari. Ingat! Pola makan yang kaya nutrisi dan jadwal makan teratur sangat penting dalam persiapan menuju lari marathon”, papar Ahli Gizi Ni Komang Ayu Tria Utami A. Md.Gz, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/7/2022).

[Baca Juga: Usai Virtual Maybank Marathon Anywhere 2021, Ini Hasilnya]

Untuk lebih lengkapnya mengenai polanya, berikut ini tips pola asupannya dari Ni Komang Ayu:

  • Kandungan protein cukup 10-12 persen, lemak 1-20 persen, hidrat arang 60-70 persen, dari total kalori. Serta cairan gula dikonsumsi dalam konsentrasi rendah.
  • Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, terutama karbohidrat kompleks (nasi, mie, atau bihun). Hindari karbohidrat sederhana (coklat, minuman manis atau gula, sirup, hingga air soda) baik di masa latihan menuju marathon hingga menit-menit menjelang marathon.
  • Hindari makanan berat berserat tinggi, makanan yang mengandung gas, makanan atau minuman yang mengandung alkohol, atau makanan dengan citarasa tegas, seperti pedas dan asam.
  • Jika peserta lari tidak terbiasa makan sebelum pertandingan, maka pelari perlu asupan pada malam sebelum berlari. Jenis makanan berkarbohidrat dan rendah lemak adalah krakers, biskuit, dan/atau roti panggang (toast).
  • Gunakan perhitungan jadwal berikut ini dalam menentukan jenis asupan nutrisi yang tepat dalam mengoptimalkan keikutsertaan dalam ajang marathon:
    • Rekomendasi asupan dalam kurun waktu tiga hingga empat jam sebelum berlari adalah kenis makanan utama yang terdiri dari nasi, sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan segar.
    • Anjuran asupan dalam kurun waktu dua hingga tiga jam sebelum berlari adalah cemilan, seperti biskuit, krakers, roti toast, dan makanan ringan lainnya.
    • Sedangkan, untuk satu hingga dua jam sebelum berlari, peserta tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan berat lagi. Rekomendasinya adalah cairan atau minuman.
    • Namun perlu diperhatikan juga bahwa hal ini sangat bergantung kepada kondisi fisik masing-masing pelari dan pelari dihimbau untuk berkonsultasi kepada dokter.

“Ajang lari marathon bukanlah acara lari santai. Diperlukan kerjasama antara tubuh prima, fisik mantap, dan mental kuat. Itulah sebabnya latihan fisik, stretching session, dan ketenangan pikiran tidak cukup. Harus juga dibantu dengan fuel yang ideal sesuai dengan kebutuhan fisik dari masing-masing peserta. Dengan mengikuti pola makanan yang telah dirancang bersama-sama dengan Ahli Gizi terpercaya, niscaya peserta dapat menikmati kembali pengalaman berlari marathon di Bali dalam ajang Maybank Marathon dengan optimal!” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.