Sedang Naik Daun, Ini 6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Kesehatan

Sedang Naik Daun, Ini 6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Spirulina atau chroobacteria spirulina merupajan superfood dalam bentuk suplemen atau makanan tambahan yang sumbernya berasal dari alga hijau. Biasanya, Spirulina diproduksi dalam bentuk tablet, serbuk, maupun cairan. Spirulina juga kerap kali digunakan sebagai makanan tambahan untuk binatang dalam industri peternakan.

Spirulina bukan hanya jadi makanan super, namun bahan ini memiliki manfaat kesehatan yang mampu memulihkan dan merevitalisasi kondisi tubuh. Spirulina biasanya tumbuh secara alami di air asin dan lautan beriklim subtropis. Di Indonesia sendiri, spirulina sering ditemukan pada produk suplemen makanan dan juga sering digunakan sebagai masker wajah.

Sedang Niak Daun, Ini 6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Melansir dari boldsky.com (3/7/2019) inilah manfaat spirulina untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mencegah Kanker

Spirulina memiliki kandungan phycocyanin yang merupakan antioksidan. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya. Antioksidan yang ditemukan dalam spirulina, dapat melawan radikal bebas dan menghentikan produksi molekul pemberi sinyal inflamasi.

[Baca Juga: Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh]

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Spirulina juga terbukti dapat mencegah aterosklerosis yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi menunjukkan, orang yang mengalami kolesterol tinggi dan mengonsumsi 1 gram spirulina per hari terbukti mengalami penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan kadar kolesterol jahat sebesar 10,1 persen.

3. Mengurangi Sinus

Dalam sebuah penelitian, spirulina juga terbukti menurunkan peradangan yang menyebabkan masalah sinus. Spirulina efektif dalam mengurangi hidung tersumbat, bersin, keluarnya cairan dari hidung, dan gatal-gatal.

4. Menurunkan Berat Badan

Spirulina dikenal sebagai makanan bergizi tinggi dan rendah kalori sehingga dapat membantu tubuh untuk mengelola berat badan. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi ilmiah yang menunjukan, spirulina membantu mengontrol berat badan. Dalam studi tersebut, orang yang kelebihan berat badan dan rutin mengonsumsi spirulina selama 3 bulan menunjukkan keseimbangan pada tingkat BMI (Body Mass Index).

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi spirulina dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga membuat Anda lebih berenergi. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi 6 gram spirulina per hari mengalami efek metabolisme yang positif. Alga yang jadi sumber utama spirulina dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

6. Mengurangi Depresi Dan Kecemasan

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, spirulina juga baik untuk mengobati gangguan mental. Spirulina mampu memperbaiki suasana hati dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan karena mengandung triptofan yang merupakan asam amino. Kandungan ini dapat mendukung produksi serotonin yang memegang peran utama dalam kesehatan mental seseorang.

Itulah manfaat spirulina untuk kesehatan tubuh. Namun karena produk suplemen spirulina banyak tersebar di Indonesia, ada baiknya Anda memilih produk yang aman dan tentunya sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.