Sedang Populer Ini 4 Daun Pegagan untuk Kulit

Kecantikan dan Fashion

Sedang Populer, Ini 4 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit

Centella asiatica adalah tumbuhan liar yang kerap kali disebut daun pegagan. Daun hijau yang berbetuk kipas ini kerap kali jadi bahan obat-obatan karena dipercaya bagus untuk merawat kesehatan. Terbukti dari banyak produsen obat-obatan herbal yang memanfaatkan tanaman ini untuk menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, hingga menyembuhkan luka.

Namun bukan hanya itu, tanaman herbal ini juga bagus digunakan untuk perawatan kulit. Itulah sebabnya tumbuhan herbal tradisional naik daun dan menjadi bahan utama banyak produk perawatan wajah. Dedaunan liar ini jadi favorit banyak orang karena mampu membuat kulit wajahnya mulus bak selebriti.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Sebenarnya apa saja manfaat daun pegagan untuk kecantikan kulit? Melansir dari kateryanskincare.com (12/4/2019), inilah manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan daun pegagan untuk produk perawatan wajah.

1. Menunda Penuaan

Centela asiatica atau daun pegagan kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan phytochemicals. Senyawa tersebut sangat baik untuk kulit dan memiliki fungsi penting untuk menunda penuaan. Tumbuhan ini juga meningkatkan sirkulasi kolagen di kulit.

2. Memudarkan Stretch Mark

Tumbuhan ini juga baik untuk mengurangi stretch mark yang ada di tubuh. Kandunga triterpenoid dalam pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit yang mengalami selulit lama-lama bisa tersamarkan.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

3. Menambahkan Kelembapan Kulit

Selain itu, daun pegagan juga mampu megimbangi kadar minyak berlebih dan air dalam kulit. Tumbuhan herbal ini juga mampu menambah kelembapan kulit berkat kandungan asam lemak. Tanaman yang kerap kali tumbuh liar di Asia dan Afrika ini juga kaya antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika Anda menggunakan produk yang mengandung pegagan secara rutin, maka lapisan kulit Anda bisa lebih kuat dan lebih halus. Pasalnya, senyawa madecassic acid mampu membenahi jaringan kulit. Hal itu membuat produk ini cocok digunakan Anda yang memiliki kulit bertekstur, berjerawat, dan bermasalah.

[Baca Juga: 3 Cara untuk Memiliki Kulit Flawless]

Jadi, itulah manfaat tumbuhan liar daun pegagan atau centela asiatica untuk perawatan kulit. Apakah Anda tertarik mencoba produk yang menggunakan pegagan sebagai bahan utamanya?

Read More

Artikel Lainnya

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direloka si.jpg

Berita Kawasan

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direlokasi

19 October 2020, 17:38

Puluhan warga di bantara Kali Rengas mulai direlokasi sebagai langkah awal normalisasi Kali Rengas demi mengantisipasi banjir.


Comments


Please Login to leave a comment.