Segarkan Mata di Taman Anggrek Ragunan

Berita Kawasan

Segarkan Mata di Taman Anggrek Ragunan

Tanaman orchidaceae atau yang biasa dikenal dengan anggrek, merupakan salah satu tanaman hias yang cukup digandruingi oleh pecinta bunga. Bentuk dan warna yang indah menjadi daya tarik tersendiri.

Inilah yang membuat Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pembinaan serta menyediakan tempat khusus bagi para petani sekaligus pedagang bunga anggrek. Bertempat di Jalan RM Harsono, Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terdapat sentra penjualan anggrek yang diisi 41 pedagang.

Segarkan Mata di Taman Anggrek Ragunan

Berada dekat dengan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) membuat kawasan ini sangat teduh. Warga yang ingin sekadar melihat atau membeli bunga anggrek, bisa berjalan sekitar 300 meter dari Terminal Ragunan ke arah GOR Ragunan.

Berbagai jenis tanaman anggrek dijual, di antaranya anggrek dendrobium, anggrek panda, anggrek bulan, anggrek douglas dan anthurium bunga. Anggrek-anggrek itu menempati kavling-kavling yang dibagi sesuai jumlah pedagang. Setiap kavling memiliki luas antara 80-100 meter persegi.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

Salah satu pedagang anggrek, Santi mengaku Taman Anggrek Ragunan milik Dinas KPKP DKI Jakarta ini telah cukup terkenal dikalangan pecinta bunga anggrek. Para pembeli pun tidak hanya warga Jakarta, dari Depok, Bekasi, Bogor hingga Jawa Timur.

Segarkan Mata di Taman Anggrek Ragunan

Banyak Pembeli dari Luar Kota

"Banyak dari orang luar Jakarta karena kan di sini banyak jenisnya. Jadi mereka cari-cari jenis anggrek yang di daerahnya tidak ada, atau harganya lebih mahal," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/3/2019).

Santi mengatakan, harga jual tanaman anggrek di tempat ini cukup bervariasi. Mulai dari Rp 25 ribu, hingga Rp 120 ribu tergantung dari jenis dan ukurannya. "Kalau yang Rp 25 ribuan itu ya bibit biasanya. Harga tergantung pada jenis dan ukurannya," ucapnya.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Salah satu pengunjung yang ditemui, Rosiana (47) mengaku sudah langganan untuk membeli anggrek di tempat ini. Ia mengungkapkan, kualitas anggrek yang dijual di Taman Anggrek Ragunan sangat baik.

"Bagus-bagus anggrek di sini, dan harganya masih terjangkau. Saya tidak hanya beli bunga, ya pupuk, pot juga. Pedagangnya juga enak kalau ditanya cara perawatan, jadi dapat ilmunya juga," ungkap Rosiana yang merupakan warga Cinere, Depok.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Satpel Promosi dan Pengolahan Hasil Pertanian, DKPKP DKI Jakarta, Tono Hartono menjelaskan, para petani yang sekaligus pedagang di sini merupakan binaan dari dinas. Dan Taman Anggrek Ragunan buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00.

"Siapapun boleh datang untuk melihat ataupun memang ingin membeli anggrek. Yang penting menjaga kebersihan di sini," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.