Segarkan Suasana Rumah dengan Bunga Lavender

Properti dan Solusi

Segarkan Suasana Rumah dengan Bunga Lavender

Bila berbicara tanaman yang bagus untuk menghias rumah sekaligus memiliki banyak manfaat maka bunga lavender masuk ke dalam kategori ini. Salah satu manfaat yang paling umum dari tanaman lavender adalah aroma yang dihasilkan bunganya membuat serangga menjauh. Jadi tanaman ini cocok untuk mengusir serangga atau mencegah lalat masuk ke dalam rumah Anda. Bahkan bila bisa mengolahnya menjadi minyak, lavender juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bila Anda menginginkan menaman bunga lavender di rumah maka terdapat dua pilihan. Anda bisa menamnya di kebun atau pekarangan rumah, bisa juga menanamnya di pot agar bisa diletakkan di dalam rumah atau apartemen. Nah bagi Anda yang ingin menanamnya di dalam rumah, berikut ini sejumlah tips dalam merawat bunga lavender di dalam pot.

[Baca Juga: Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender]

Segarkan Suasana Rumah dengan Bunga Lavender
  • Tentukan dari Mana Anda Memulainya

Anda bisa langsung membeli tanaman bunga lavenderyang dijual di tukang tanaman pada umumnya atau bisa juga menumbhukannya dari bibit alias biji. Bila Anda menentukan untuk menanamnya dari awal, maka persiapkan media untuk penyemaiannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah mengenai penyiraman serta cahaya. Untuk bibitnya sendiri Anda bisa mengeceknya di laman inihttps://ho.blibli.com/SH4CX

Usahakan untuk tidak menyiramnya secara berlebihan dan tunggu hingga tanahnya kering sebelum menyiramnya lagi. Jika Anda sudah melihat adanya kecambah yang muncul maka usahakan tanaman ini berada di bawah paparan sinar matahari setiap saat. Namun jika Anda tinggal di apartemen yang kurang paparan sinar matahari, Anda bisa memanfaatkan lampu LED yang setidaknya menyala selama 12 jam di atas kecambah itu.

Tanaman Ini Dapat Mengusir Stres Lavender
  • Pindahkan ke Pot

Jika Anda sudah membeli tanaman lavender dari penjual atau kecambah yang Anda kembangkan sudah mulai berbentuk tanaman yang sempurna maka langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke pot. Pertama adalah pemilihan pot yang kira-kira pas untuk tanaman lavender Anda dengan usahakan yang memiliki lubang untuk mengeluarkan air yang berlebihan.

Anda juga bisa memilih pot yang terbuat dari tanah liat, karena pot jenis ini dapat membantu tanah di dalamnya lebih cepat kering mengingat tanaman levender kurang menyukai kondisi tanahnya yang lembap. Untuk tanahnya sendiri, sebagaimana dilansir dari flowerian (1/11/2019), Anda bisa mengombinasikan tanah dan kompos dengan perbandingan satu banding satu.

Warga Tangesel Cegah DBD dengan Tanaman Lavender 1.jpg
  • Perawatan

Untuk merawat tanaman bunga lavender Anda bisa menggunakan pupuk kompos untuk membuat tanaman terlihat subur yang cukup dilakukan sekitar dua minggu sekali. Sedangkan untuk penyiraman, serupa ketika masih dalam masa penyemaiannya, tanaman lavender tidak terlalu suka kondisi basah karena dapat membuat busuk akarnya. Jadi ada baiknya selalu memastikan tanah dalam kondisi kering.

Hal terakhir yang perlu diingat adalah pencahayaan. Baik saat masih menjadi kecambah hingga sudah tumbuh sempurna, tanaman levender agar berbunga dan terlihat segar membutuhkan pencahayaan yang maksimal. Bila diletakkan di dalam rumah atau apartemen, posisikan di area yang paling banyak paparan sinar mataharinya seharian.

[Baca Juga: 7 Jenis Tanaman untuk Menghalau Nyamuk]

Itulah sejumlah tips dalam menyegarkan rumah dengan cara menghiasnya menggunakan bunga levender. Sebagai catatan, untuk memaksimalkan pertumbuhannya, Anda juga bisa memasang lampu LED di atas potnya yang dinyalakan kala malam hari.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.