Segera Diterapkan, Terapi Plasma Darah untuk Pasien COVID-19

Kesehatan

Segera Diterapkan, Terapi Plasma Darah untuk Pasien COVID-19

Seperti diketahui beberapa waktu lalu Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman sedang mengupayakan pengadaan terapi untuk para paseien COVID-19. Pengobatan yang sedang dikembangkan ini berasal dari plasma darah para pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Kini, metode pengobatan tersebut pun bisa segera diterapkan. Bahkan menurut Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio, pihaknya telah mendapatkan dukungan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Kementerian Kesehatan Kemenkes RI.

[Baca Juga: PMI Gandeng LBM Eijkman untuk Pengambangan Obat COVID-19]

Saat ini, LBM Eijkman sedang melakukan screening terhadap para pasien COVID-19 yang telah sembuh untuk mau menyumbangkan plasma darahnya. Amin juga memastikan keamanan pasien yang nantinya akan diambil plasma darahnya sebagai obat untuk menyembuhkan para pasien COVID-19.

"Artinya dalam darahnya (pasien sembuh) mengandung antibodi cukup baik dan tidak ada virus atau bakteri lain, itu sudah kami anggap aman. Kami minta kesediaan mereka untuk mendonasikan plasma darahnya," ujar Amin.

Segera Diterapkan, Terapi Plasma Darah untuk Pasien COVID-19

Amin menjelaskan bahwa plasma darah tersebut nantinya akan diberikan kepada pasien yang dalam kondisi berat dengan jumlah virus yang masih banyak sementara anti bodinya belum bekerja. Diharapkan anti bodi yang ada di dalam plasma darah pasien yang telah sembuh tersebut akan membantu memerangi virus yang ada dalam tubuh pasien COVID-19.

Sementara itu menurut ketua PMI, Jussuf Kalla (JK) paling tidak obat yang berasal dari plasma darah pasien COVID-19 yang telah sembuh tersebut bisa diproduksi dalam jangka waktu dua bulan dari sekarang.

"Itu cepat. Ya mungkin satu dua bulan Eijkman sudah bisa produksi itu. Karena dia punya percobaan, dan kita lihat peralatan dan lainnya cukup lengkap” tutur JK.

Sukses Diterapkan di Negara Lain

Di negara lain seperti Iran, metode penggunaan plasma darah untuk mengobati pasien COVID-19 ini terbukti mampu menekan angka kematian dari penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2.

Bahkan, dikutip dari Teherantimes, Dr. Hassan Abolqasemi yang memimpin proyek terapi plasma di Iran mengatakan bahwa terapi tersebut meningkatkan tingkat pemulihan di unit perawatan intensif sebesar 40 persen di negaranya.

[Baca Juga: Pemeriksaan Tes COVID-19 di LBM Eijkman Gratis, Apa Saja Syaratnya?]

Senada dengan Iran, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengajak seluruh warganya yang telah sembuh dari COVID-19 untuk mendonorkan plasma darahnya. Dalam situs resminya di www.fda.gov menyatakan bahwa yang boleh menyumbangkan plasma darahnya adalah pasien COVID-19 yang telah sembuh selama 2 minggu.

“Untuk satu pendonor, setidaknya dapat menyelamatkan paling tidak empat nyawa,” tulis laman website tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emmaandita 2 years, 5 months lalu
    EmmaAndita

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi, poker165.co memberikan kesempatan untuk anda ⁣😎