ads
ANCOL_BISNIS_SEGMEN-PROPERTI-MULAI-SUMBANG-PENDAPATAN-PT-PEMBANGUNAN-JAYA-ANCOL-TBK_OCI_REVISI-01.jpg

Bisnis

Segmen Properti Sumbang Pendapatan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk optimistis dapat mengembangkan bisnis agar tetap tumbuh pada 2018. Sebagai lokasi wisata keluarga, Dufan Ancol mulai merealisasikan beberapa inovasi sejak 2017. Antara lain pembukaan Kafe Hoax di Pantai Lagoon, penambahan dua seluncuran baru di Atlantis Water Adventure, dan juga pencanangan konsep baru Pulau Bidadari yaitu The Soul of Batavia.

Selain itu Perseroan juga memfokuskan pada inovasi-inovasi yang sudah direncanakan sebelumnya baik di segmen rekreasi dan properti. Pada segmen rekreasi, Perseroan menargetkan dapat meluncurkan wahana baru yaitu Star Shape, Dream Station, Wave Swinger, New 4D Theater, penambahan jalur kereta wisata Sato-sato, revitalisasi Pasar Seni Ancol dan juga pengembangan Seaworld Ancol.

Sementara aktivitas renovasi yang dilaksanakan antara lain renovasi Putri Duyung Ancol. Adapun pada segmen properti, Perseroan menargetkan dapat menyelesaikan pembangunan Coasta Villa Tahap 3, memulai pemasaran untuk produk Ocean Breeze serta dapat segera memulai kerjasama operasional pada pengembangan area Ancol Barat.

Segmen properti, perseroan secara resmi juga telah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan pengembang asal Australia dalam mengembangkan kawasan hunian vertikal mewah di area Ancol Barat dengan mengusung konsep water front living.

Selain itu, persero ini juga telah merenovasi Pulau Bidadari sejak April 2017, dengan target sebelum Lebaran 2018 sudah bisa diluncurkan. Akan ada juga pengembangan Pulau Kayu Angin Melintang yang airnya bagus untuk snorkeling dan menyelam karena ada terumbu karang yang cantik.

Sumbangan Properti

Bila membandingkan antara sumbangan bidang rekreasi dan properti untuk pendapatan persero, ternyata pendapatan properti mulai memberikan sumbangan yang berarti.

Berdasarkan sumber dari tribunnews.com, segmen properti mulai sumbang delapan persen pendapatan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Sepanjang tahun 2017, segmen rekreasi membukukan pendapatan sebesar Rp1,152 miliar, naik lima persen dari 2016 yang sebesar Rp1,096 miliar.

Segmen rekreasi juga masih menjadi tulang punggung bisnis Perseroan dengan mendominasi sebesar 92 persen total pendapatan Perseroan ini. Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. C Paul Tehusijarana, saat paparan publik yang dikutip dari sumber yang sama mengatakan, secara keseluruhan pendapatan Perseroan pada 2017 mengalami sedikit penurunan yaitu sebesar 3,48 persen, dari Rp1,28 triliun pada tahun 2016 menjadi Rp1,24 triliun. Perseroan berhasil meningkatkan laba cukup tinggi yaitu sebesar 68,33 persen, dari Rp130,82 miliar di tahun 2016 menjadi Rp220,22 miliar di tahun 2017.

Beberapa hal yang mendukung antara lain adalah peningkatan pertumbuhan pengunjung di tahun 2017 sebesar 3,47 persen dari Rp18,1 juta di tahun 2016 menjadi Rp18,7 juta di 2017. Selain itu, kenaikan laba ini juga disebabkan oleh beban lain-lain yang turun 79 persen dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan sumber dari Bisnis.com, pengelola kawasan properti dan rekreasi Ancol Taman Impian menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih 2018 masing-masing bisa mencapai 10 persen dan 25 persen dibandingkan pencapaian pada 2017.

Mereka menargetkan, pendapatan Wahana Dufan dan Atlantis di 2018 bisa tumbuh 10 persen. Tahun 2017 keduanya menyumbang pendapatan Rp 1,1 triliun. Jadi tahun ini harus tumbuh 10 persen. Tahun lalu, perseroan juga berhasil menggunakan strategi efisiensi sehingga meskipun pendapatan turun, tetapi laba bersih bisa tumbuh cukup tinggi mencapai 68,33 persen, atau dari Rp130,82 miliar pada 2016 menjadi Rp220,22 miliar pada 2017. Perseroan akan tetap mengedepankan efisiensi tahun ini, tetapi tanpa mengorbankan kualitas layanan.

Dufan Ancol akan dikemas untuk menyasar segmen keluarga secara keseluruhan, tidak hanya orang dewasa saja. Untuk itu nanti sejak Lebaran ada International Show Dragon Ball selama 1,5 bulan. Ada juga Ancol Asian Festival, untuk menyongsong Asian Games 2018. Berbagai inovasi tersebut akan mendukung target peningkatan pengunjung sebesar 6 persen dari Rp18 juta di 2017 menjadi Rp19 juta di 2018.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads