Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah

Kesehatan

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah

Salah satu herbal paling berkhasiat yang dikenal manusia adalah daun sirih. Tanaman yang mudah ditemukan di sekitar Anda ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Kandungan-kandungan di dalam daun sirih merah maupun hijau, memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, wajah, dan kulit.

Daun sirih yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain ini dikenal akan sifat antiseptik, antiradang, dan pendingin kulit. Khasiatnya tak terbatas baik di dalam dan di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

Daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh beda dengan sirih hijau. Hanya saja, sirih merah diperkaya dengan flavonoid. Dilansir dari DrHealthBenefits.com (4/9/2019), berikut ini beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan, yaitu:

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah

  • Menghentikan Mimisan. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung.
  • Pengobatan Tukak Lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung.
  • Pengobatan Luka Bakar Ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar.
  • Obat Gusi Berdarah. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah.
  • Mengobati Sakit Perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut.
  • Obat Inflamasi Prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat.
  • Obat Tekanan Darah Tinggi. Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah.
  • Pengobatan Payudara Bengkak. Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang.
  • Mengobati Tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.
  • Perawatan Diabetes. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.
  • Mengurangi Bau Badan. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat.
  • Mengatasi Bau Mulut. Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut.

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah

Tak hanya itu, mengonsumsi daun sirih merah juga untuk mengobati penyakit jantung koroner, melancarkan kemih, asam urat, obat batuk, obat alternatif pneumonia, bronchitis, dan masih banyak lainnya. Selain segudang manfaat yang terdapat pada sirih merah, khasiat sirih hijau juga tidak bisa diremehkan! Walaupun tak memiliki kandungan flavonoid seperti sirih merah, berikut manfaat daun sirih hijau yang dirilis dari Boldsky:

  • Menyembuhkan Luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat.
  • Mengobati Nyeri. Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi.
  • Mengobati Gangguan Pencernaan. Minum air rebusan sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.
  • Menurunkan Berat Badan. Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.
  • Mengobati Sakit Tenggorokan. Sifat anti bakteri dan antiradang pada daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.
  • Mengobati Disfungsi Ereksi Pada Pria Sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.
  • Melawan Kanker. Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat antikanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.
  • Mengatasi Gatal. Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih.
  • Mengatasi Luka Bakar. Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk luka bakar ringan.
  • Mencegah Bau Badan. Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat antibakteri yang dimilikinya.

[Baca Juga: Sedang Populer, Ini 4 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit]

Mengetahui begitu banyak keuntungan jika mengonsumsi dauh sirih, bukan berarti daun sirih dapat dikonsumsi setiap hari. Karena kandungannya sirih sama seperti obat, dan obat tidak baik dikonsumsi setiap hari.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.