ads
SEHATNYA BERSEPEDA DI BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR_OCI

Kesehatan

Sehatnya Bersepeda di Bumi Perkemahan Cibubur

Selain berenang, bersepeda merupakan olahraga yang membakar banyak kalori. Cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Bersepeda di ruangan terbuka sambil menghirup udara segar seperti di Bumi Perkemahan Cibubur, juga dapat menghilangkan stres.

Menurut situs Halodoc.com (2/8/2018), jumlah kalori yang bisa dibakar dengan bersepeda sekitar 500-1.000 kalori per jam. Hitungan pembakaran kalori biasanya ditentukan pula dengan berat badan Anda. Sebagai gambaran, seorang pria dengan berat 70-80 kilogram akan membakar sekitar 600 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 16-24 km per jam.

Selain membakar kalori, berikut lima manfaat bersepeda rutin untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Massa Otot
Saat mengayuh sepeda, Anda menggunakan semua kelompok otot utama Anda. Sehingga, hal ini berguna untuk meningkatkan massa otot. Pada gerakan mengayuh turun, Anda menggunakan otot gluteus yang ada di bokong, otot kuadrisep di paha, dan otot gastrocnemius, dan soleus di betis. Sedangkan pada gerakan mengayuh ke atas, Anda menggunakan otot hamstring di paha belakang dan otot fleksor di bagian depan pinggul. Tidak hanya otot bagian bawah tubuh, otot perut, otot lengan, dan otot bahu juga digunakan saat bersepeda. Otot perut untuk menyeimbangkan posisi Anda tetap tegak. Sedangkan, otot lengan dan otot bahu untuk menahan dan mengarahkan setang sepeda.

2. Meningkatkan Kesehatan Sendi
Saat bersepeda, Anda meletakkan berat badan pada sepasang tulang di panggul, yaitu tulang tuberositas ischia. Berbeda saat berjalan, di mana berat badan dibebankan pada tulang kaki dan lutut. Hal ini membuat bersepeda dapat memberi manfaat bagi orang yang mempunyai nyeri atau kekakuan sendi (seperti pada osteoartritis). Pada saat bersepeda, Anda hanya memberi beban sedikit pada sendi di kaki yang sering mengalami nyeri atau kaku.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

[Baca Juga : Prolanis Jadi Program Unggulan di Klinik BPJS Kesehatan]

4. Mengurangi Risiko Kanker
Jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

5. Mengurangi Risiko Diabetes
Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.
[Baca Juga : Joging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur]

Gowes di Buperta

Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta) merupakan kawasan berkemah yang didirikan Pramuka. Selain sebagai tempat perkemahan, kawasan ini memiliki banyak wahana yang bisa dikunjungi. Ada restoran, danau yang memiliki layanan jetsky dan sepeda air, arena outbond yang dilengkapi berbagai model dan game seperti menara panjat tebing, mountenering. Ada pula sarana Paint Ball yang cocok untuk kegiatan keluarga.

Suasana hutan yang sejuk, membuat bersepada di Buperta nyaman. Jalur sepeda pun sudah bagus dan beraspal sehingga tidak menyulitkan Anda menggowes. Dengan track variatif yang menurun, menanjak, dan menikung, bersepeda di kawasan perkemahan ini menjadi menantang dan tidak membosankan.

Di area yang sangat luas ini, menurut ketengan situs talipremuka.com, Anda juga bisa menemukan taman lalu lintas. Selain bangunan-bangunan dan jalan serta simbol-simbol lalu lintas, juga disediakan alat simulasi transport seperti sepeda mini, sepeda tandem, kereta api mini serta bis mini.

Namun, bila Anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke area terbuka yang nyaman seperti Bumi Perkemahan Cibubur, cobalah berinvestasi pada sebuah sepeda statis. Dengan alat ini Anda juga bisa mendapatkan manfaat bersepeda dan membakar kalori sambil menonton acara televisi favorit.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads