SEHATNYA BERSEPEDA DI BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR_OCI

Kesehatan

Sehatnya Bersepeda di Bumi Perkemahan Cibubur

Selain berenang, bersepeda merupakan olahraga yang membakar banyak kalori. Cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Bersepeda di ruangan terbuka sambil menghirup udara segar seperti di Bumi Perkemahan Cibubur, juga dapat menghilangkan stres.

Menurut situs Halodoc.com (2/8/2018), jumlah kalori yang bisa dibakar dengan bersepeda sekitar 500-1.000 kalori per jam. Hitungan pembakaran kalori biasanya ditentukan pula dengan berat badan Anda. Sebagai gambaran, seorang pria dengan berat 70-80 kilogram akan membakar sekitar 600 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 16-24 km per jam.

Selain membakar kalori, berikut lima manfaat bersepeda rutin untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Massa Otot
Saat mengayuh sepeda, Anda menggunakan semua kelompok otot utama Anda. Sehingga, hal ini berguna untuk meningkatkan massa otot. Pada gerakan mengayuh turun, Anda menggunakan otot gluteus yang ada di bokong, otot kuadrisep di paha, dan otot gastrocnemius, dan soleus di betis. Sedangkan pada gerakan mengayuh ke atas, Anda menggunakan otot hamstring di paha belakang dan otot fleksor di bagian depan pinggul. Tidak hanya otot bagian bawah tubuh, otot perut, otot lengan, dan otot bahu juga digunakan saat bersepeda. Otot perut untuk menyeimbangkan posisi Anda tetap tegak. Sedangkan, otot lengan dan otot bahu untuk menahan dan mengarahkan setang sepeda.

2. Meningkatkan Kesehatan Sendi
Saat bersepeda, Anda meletakkan berat badan pada sepasang tulang di panggul, yaitu tulang tuberositas ischia. Berbeda saat berjalan, di mana berat badan dibebankan pada tulang kaki dan lutut. Hal ini membuat bersepeda dapat memberi manfaat bagi orang yang mempunyai nyeri atau kekakuan sendi (seperti pada osteoartritis). Pada saat bersepeda, Anda hanya memberi beban sedikit pada sendi di kaki yang sering mengalami nyeri atau kaku.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

[Baca Juga : Prolanis Jadi Program Unggulan di Klinik BPJS Kesehatan]

4. Mengurangi Risiko Kanker
Jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

5. Mengurangi Risiko Diabetes
Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.
[Baca Juga : Joging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur]

Gowes di Buperta

Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta) merupakan kawasan berkemah yang didirikan Pramuka. Selain sebagai tempat perkemahan, kawasan ini memiliki banyak wahana yang bisa dikunjungi. Ada restoran, danau yang memiliki layanan jetsky dan sepeda air, arena outbond yang dilengkapi berbagai model dan game seperti menara panjat tebing, mountenering. Ada pula sarana Paint Ball yang cocok untuk kegiatan keluarga.

Suasana hutan yang sejuk, membuat bersepada di Buperta nyaman. Jalur sepeda pun sudah bagus dan beraspal sehingga tidak menyulitkan Anda menggowes. Dengan track variatif yang menurun, menanjak, dan menikung, bersepeda di kawasan perkemahan ini menjadi menantang dan tidak membosankan.

Di area yang sangat luas ini, menurut ketengan situs talipremuka.com, Anda juga bisa menemukan taman lalu lintas. Selain bangunan-bangunan dan jalan serta simbol-simbol lalu lintas, juga disediakan alat simulasi transport seperti sepeda mini, sepeda tandem, kereta api mini serta bis mini.

Namun, bila Anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke area terbuka yang nyaman seperti Bumi Perkemahan Cibubur, cobalah berinvestasi pada sebuah sepeda statis. Dengan alat ini Anda juga bisa mendapatkan manfaat bersepeda dan membakar kalori sambil menonton acara televisi favorit.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.