Sei Sapi, Olahan Daging Kurban Khas NTT

Kuliner

Sei Sapi, Olahan Daging Kurban Khas NTT

Perayaan Iduladha selalu identik dengan pembagian hewan kurban. Daging hewan kurban yang biasa dibagikan adalah jenis daging kambing dan daging sapi. Jika sebelumnya daging sapi biasa diolah oleh Pointers dengan cara disate, digulai, atau disop, maka Pointers bisa coba olahan daging sapi khas Nusa Tenggara Timur (NTT) Sei Sapi

Apalagi olahan kuliner Sei Sapi sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas di luar NTT, khususnya Kota Semarang. Seperti saat ini telah bermunculan restoran yang menyajikan Sei Sapi sebagai menu andalan mereka. Hal ini karena telah banyak warga dari NTT yang tinggal di Kota Semarang, yang kebanyakan mahasiswa yang sedang menimba ilmu di sini.

Selain itu, ditengah banyaknya bermunculan sajian makanan khas dari luar negeri maka melestarikan kuliner dari Nusantara merupakan sebuah keniscayaan bagi kita warga negara Indonesia. Tujuan ini yang menyebabkan tim redaksi PingPoint.co.id mengajak Pointers cara membuat Sei Sapi untuk disajikan sebagai menu hindangan yang bisa dinikmati bersama keluarga sambil merayakan Hari Raya Iduladha.

Namun sebelum kami membagikan cara membuat Sei Sapi, kami jelaskan terlebih dahulu tentang kuliner khas NTT tersebut. Sei sendiri merupakan daging asap yang berasal dari Provinsi NTT. Sedangkan sei sendiri berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Awalnya sei menggunakan daging rusa. Namun karena populasi rusa semakin langka, maka sekarang banyak dipakai adalah daging sapi.

Cara memasak sei sapi tergolong unik. Daging biasanya akan dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging melainkan asap panas. Berikut kutipan resep dan cara membuat Sei Sapi dari berbagai sumber yang coba kami rangkum untuk Pointers, Selasa (21/7/2021)

1) Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat Sei Sapi sebenarnya tidak banyak dan mudah ditemukan di pasaran

  • 250 gram daging sapi iris tipis

Bahan Bumbu

  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
Sei Sapi, Olahan Daging Kurban Khas NTT

2) Cara membuat Sei Sapi

Sei Sapi mempunyai ciri khas karena proses pembuatannya yang tak biasa dan membutuhkan waktu cukup lama. Berikut langkah- langkahnya:

  • Potong daging sapi secara memanjang dengan lebar sekitar dua hingga tiga sentimeter
  • Cincang halus bawang putih
  • Persiapkan tungku api
  • Campur dan baluri daging sapi dengan bawang putih yang sudah dicincang, garam, dan merica. Diamkan selama sekitar 30 menit agar meresap
  • Setelah tungku pengasapan siap, maka daging sudah bisa dimasukkan. Namun saat hendak memasukkan daging sapi jangan lihat dari seberapa besar apinya tetapi terlihat dari asap yang sudah mulai banyak dan semakin panas. Pastikan daging tidak bersentuhan langsung dengan api
  • Saat proses pengasapan, daging sapi bisa juga ditutup dengan daun kosambi sehingga aromanya semakin menyerap
  • Biarkan daging sapi di dalam tungku. Waktu yang dibutuhkan untuk mengasapi daging bervariasi bisa satu jam hingga sembilan jam, tergantung ukuran potongan dan jumlah daging yang diasapi
  • Agar lebih nikmat, Sei Sapi bisa disantap dengan sayur daun singkong atau daun pepaya, seperti kebanyakan jenis sayuran yang biasa disantap masyarakat NTT, dengan sambal khas NTT atau sambal khas Nusantara yang lainAgar lebih nikmat, Sei Sapi bisa disantap dengan sayur daun singkong atau daun pepaya, seperti kebanyakan jenis sayuran yang biasa disantap masyarakat NTT, dengan sambal khas NTT atau sambal khas Nusantara yang lain

Nah itulah resep dan cara membuat Sei Sapi sajian kuliner khas NTT yang bisa Pointers coba sendiri di rumah. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.