Sejak 1930 di Pasar Gede Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi

Kuliner

Sejak 1930 di Pasar Gede Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi

Dulu, Es Dawet ini harganya cuma Rp250. Dijual di Pasar Gede, Solo, salah satu kuliner legendaris ini begitu menyegarkan dan cocok dinikmati ketika lelah berburu buah tangan di pusat oleh-oleh Kota Bengawan.

Sejak Pasar Gede Solo berdiri, Es Dawet Telasih Bu Dermi ini sudah ada. Minuman yang terdiri dari campuran cendol, biji selasih, dan bubur sumsum ini memang sudah sangat fenomenal dan banyak digemari oleh wisatawan.

Pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi mengaku sudah melayani pembeli sejak tahun 1930 dan resepnya diturunkan oleh penerus generasinya. Hingga kini sudah diteruskan oleh generasi ketiga.

Sejak 1930 di Pasar Gede Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi

Dalam satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi, Anda akan disuguhkan campuran kuah santan, cendol, gula aren, nangka yang telah diiris, bubur sumsum, dan ketan hitam. Es dawet ini dinilai oleh pembeli spesial dan berbeda lantaran menggunakan bahan-bahan alami.

Lapak bjualan yang kecil tidak membuat es dawet telasih legendaris ini sepi pengunjung. Nyatanya dalam sehari pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi bisa menjual dalam jumlah yang terbilang fantastis.

“Sehari bisa lebih dari 100 porsi, belum yang dibungkus bawa pulang. Cabang-cabangnya juga jualnya tetep di dalam pasar, soalnya tetep mau melestarikan kesan tradisionalnya. Awal kenapa jual es dawet juga karena dulu di Pasar Gede ini belum ada yang jual. Dan dulu zaman saya kecil dijual dengan harga Rp250 saja,” ujar Uti, generasi ketiga dari pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi.

[Baca Juga: Tahu Kupat Pak Gombloh, Legenda Kuliner Solo Sejak 1973]

Satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo ini dijual dengan harga Rp10.000 dan bisa dinikmati pada 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Namun perlu diingat, jika ingin menikmati Es Dawet Telasih Bu Dermi, siap-siap antre ya.

“Semoga Es Dawet Telasih Bu Dermi ini tetep bisa maju, dan bisa lebih luas lagi penyebarannya untuk di Kota Solo, supaya turis dan orang luar kota lainnya tetep bisa datang ke Solo,” harapan Uti.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.