Sejak dibuka kembali, Jumlah Pengunjung TSTJ Solo Masih Rendah

Berita Kawasan

Sejak dibuka kembali, Jumlah Pengunjung TSTJ Solo Masih Rendah

Jumlah pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Jawa Tengah, masih rendah setelah kembali dibuka pada 19 Juni 2020 lalu. "Tingkat kunjungan setiap hari rata-rata 50 orang. Kami juga membuka pancingan di telaga, rata-rata ada 75 pemancing setiap hari. Jadi total 125 orang yang datang setiap hari," kata Direktur Utama TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso seperti diberitakan antaranews.com (9/7/2020).

Jika dibandingkan dengan hari normal, jumlah kunjungan pada hari kerja Senin-Jumat rata-rata 500 orang per hari. Sedangkan pada akhir pekan hari Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung bisa mencapai 2.500-3.500 orang per hari.

[Baca Juga: Meski Tutup, Pengelola TSTJ Solo Terus Perhatikan Kesehatan Hewan]

Sesuai dengan Perwali Surakarta, untuk pembukaan TSTJ ini mengikuti aturan protokol kesehatan, salah satunya dengan membatasi tingkat kunjungan. "Termasuk usia pengunjung sesuai dengan Perwali antara 15-60 tahun," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pemeliharaan satwa sama dengan sebelum normal baru, yaitu sesuai protokol konservasi.

Meski Tutup, Pengelola TSTJ Solo Terus Perhatikan Kesehatan Hewan

Agar Warga Mendapat Hiburan

Sebelumnya, terkait dengan dibukanya kembali objek wisata tersebut, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada warga yang sampai saat ini belum bisa menikmati hiburan. "Kalau TSTJ banyak pengunjung paling tidak operasional pakan hewan bisa didapatkan," ujar Hadi.

Awalnya, objek wisata tersebut hanya dibuka untuk pengunjung dengan usia di atas 18 tahun, namun saat ini dikoreksi menjadi 15 tahun ke atas.

Wali Kota sempat mengunjungi TSTJ bersama Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah dan Kepala BKSDA Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Surakarta untuk memastikan persiapan sebelum dibukanya lokasi wisata ini.

[Baca Juga: Asita Surakarta Prediksi Lonjakan Wisatawan Setelah Pandemi COVID-19]

Pengecekan fasilitas yang menekankan protokol kesehatan dilakukan saat kunjungan. Mulai tempat cuci tangan, loket dan pengaturan jarak antrean sampai pengaturan pembatasan pengunjung di kandang satwa dilakukannya. Menurut Wali Kota pembukaan TSTJ akan segera dilakukan dan paling cepat bisa dibuka pada Jum’at, 19 Juni 2020 mendatang.

Saat ini jadwal kunjungan TSTJ juga diatur. Untuk pagi hari akan dibuka mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan siang harinya akan dibuka mulai pukul 13.00-15.00 WIB dengan pembatasan setiap kunjungan maksimal 500 pengunjung. Untuk wahana permainan selama new normal masih belum dioperasionalkan hingga menunggu perkembangan hasil evaluasi.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 1 month lalu
    hanna56

    Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.

  • Anisa 2 years, 1 month lalu
    anisa

    QQHarian memberikan bonus Welome Casback 100% untuk untuk member baru, kekalahan modal pertama anda akan di ganti utuh guys. info lebih lanjut bisa hub cs dengan buka situsnya <a href="https://qqharian.org/" title="QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> guys. :)

  • Suki 2 years, 1 month lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...

  • Emma 2 years, 1 month lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang dupa88 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di Dupa88.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://dupa88.co/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a>