Sejarah Kastil Eropa di Pusat Kota Batavia

Berita Kawasan

Sejarah Kastil Eropa di Pusat Kota Batavia yang Hingga Kini Masih Ada

Rumah Sakit PGI Cikini yang terletak di Jalan Raden Saleh Raya No.40, Cikini, Jakarta Pusat memiliki sejarah yang panjang sebelum akhirnya berfungsi sebagai tempat untuk melayani orang sakit. Pada tahun 1875 sampai dengan tahun 1885, bangunan yang berdiri megah di atas lahan seluas 5,6 hektare ini ternyata merupakan sebuah kastil milik pelukis Raden Saleh.

[Baca Juga: Petopia, Pet Shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis]

Berada tepat di tengah-tengah gedung Rumah Sakit PGI Cikini, kastil Raden Saleh memiliki ciri khas yakni sembilan anak tangga melengkung berbentuk busur berhias keramik merah di halaman depannya. Di bagian atap sisi utamanya, kastil bergaya Art-Deco ini berbentuk runcing dengan nuansa Eropa serta dihiasi pintu bangunan yang tinggi dan lebar dengan ornamen-ornamen menarik.

Sejarah Kastil Eropa di Pusat Kota Batavia

Kastil dua lantai itu tak lain dan tak bukan merupakan hasil buah karya dari Raden Saleh sebagai seorang seniman setelah 20 tahun lamanya menetap di Eropa. Raden Saleh pun tak menampik bahwa kastilnya terinspirasi dari bangunan-bangunan yang berada di Jerman dan Belanda. Beberapa modelnya pun dibangun mirip seperti Istana Callenberg di Jerman. Tidak jarang, Raden Saleh mengajak teman-teman Eropanya untuk berkumpul dan mengadakan pesta di kastil tersebut.

Sejarah Kastil Eropa di Pusat Kota Batavia

Terhitung, sepuluh tahun lamanya Raden Saleh menempati kastil itu bersama istri keduanya Raden Ayu Danudirejo dari Keraton Yogyakarta yang dinikahinya pada tahun 1867. Setelah itu, raden Saleh pindah ke Bogor dan menjual kastil tersebut kepada keluarga Adriana Josina de Graff-Koman pada tahun 1897. Keluarga Adriana Josina de Graff-Koman akhirnya mengubah fungsi kastil megah tersebut menjadi rumah sakit dengan tujuan untuk merawat orang-orang dari berbagai golongan masyarakat. Sampai saat ini, rumah sakit itu masih bertahan dengan nama RS Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Cikini.

Sejarah Kastil Eropa di Pusat Kota Batavia

Kini, kastil megah tersebut menjadi salah satu bagian dari Rumah Sakit PGI Cikini. Sampai sekarang, aula di dalamkastil pun masih digunakan untuk acara-acara resmi seperti pelantikan pengurus rumah sakit maupun perayaan natal. Tidak lupa juga di dalam kastil yang berubah menjadi kantor RS PGI Cikini ini dipasang beberapa foto Raden Saleh dan replika lukisan yang dipajang dalam bingkai kaca.

[Baca Juga: Melestarikan Peninggalan Sejarah Bersama Depok Heritage Community]

Sebelum dialih-fungsikan sebagai rumah sakit, lahan luas di sekitar kastil raden saleh merupakan kebun binatang yang memang Ia bangun sendiri. Kebun binatang itu pun menjadi cikal bakal lahirnya kebun binatang ragunan yang masih ramai dikunjungi sampai saat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.