Wig Mengenal Trend Gaya Rambut Zaman Eropa Kuno

Kecantikan dan Fashion

Sejarah Wig, Mengenal Trend Gaya Rambut Zaman Eropa Kuno

Rambut adalah mahkota kepala khususnya perempuan. Model rambut sangat berpengaruh untuk penampilan seseorang. Tak hanya perempuan, laki-laki pun banyak yang menggunakan rambut palsu. Dari zaman dulu, Eropa sudah populer menggunakan wig alias rambut palsu baik laki-laki atau perempuan. Anda mungkin sering melihat foto lukisan tokoh-tokoh besar dari Eropa dari abad 17 atau 18 seperti fisikawan Isaac Newton, ahli hukum Montesqueiu, King Ferdinand VI dan lain-lain. Dalam lukisan tersebut, terlihat mereka semua memakai wig. Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan membahas trend gaya rambut menggunakan wig dari zaman Eropa Kuno.

Jika diperhatikan penampilan mereka memang sangat identik dengan rambut panjang keriting maupun hanya ikal. Sebenarnya banyak orang Eropa saat itu yang mempunyai rambut panjang asli, namun banyak pula di antara mereka yang ternyata memakai wig. Dilansir dari beberapa laman, pada abad 17 sampai awal abad 19 tradisi memakai wig memang sangat populer di Eropa, terutama kaum bangsawan. Kata wig sendiri juga baru muncul dalam bahasa Inggris sekitar tahun 1675.

Wig Mengenal Trend Gaya Rambut Zaman Eropa Kuno

Wig atau rambut palsu adalah kepala rambut yang terbuat dari bulu kuda, rambut manusia, wol, bulu, rambut yak, rambut kerbau, atau bahan sintetis yang dipakai di kepala untuk mode atau berbagai alasan estetika dan gaya lainnya, termasuk mematuhi budaya. Zaman sekarang ini banyak rambut palsu yang terbuat dari rambut manusia asli dengan berbagai macam model dan pilihan warna.

Pemakaian wig menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak zaman Romawi kuno. Tentu saja wig ini juga populer di kalangan masyarakat Eropa. Namun sejak keruntuhan Romawi, segala bentuk budayanya banyak yang menghilang, termasuk penggunaan wig. Lalu, kenapa wig bisa kembali menjadi tren?

[Baca Juga: Tren Gaya Rambut Jepang dan Korea di Kelapa Gading]

Juga mengutip dari mentalfloss.com, orang yang pertama kali berjasa mempopulerkan kembali penggunaan wig di Eropa masa itu adalah Raja Louis XIII dari Prancis. Raja Louis XIII mengalami masalah pada rambutnya sejak ia lahir secara prematur. Sang Raja menggunakan rambut palsu sejak 1624 saat usianya baru sekitar 25 tahun, selain itu ia juga menambah sepatu dengan hak tinggi untuk memperbaiki penampilannya karena dia aslinya memiliki tubuh pendek. Akhirnya trend fashion baru ini menjadi populer di kalangan para bangsawan lain termasuk pula George I dari kerajaan Britania.

Penerus Louis XIII yaitu Louis XIV juga mengadopsi gaya berpakaian ayahnya yang akhirnya memberi kontribusi terhadap penyebaran wig di sebagian besar negara-negara Eropa. Saat itu wig juga digunakan untuk menunjukkan status seseorang, semakin besar wig yang ia pakai maka semakin ia mempunyai kedudukan tinggi.

[Baca Juga: 6 Inspirasi Gaya Rambut Trendi di Hari Lebaran]

Seiring dengan perkembangan zaman, model pun berubah. Mereka telah tidak menggunakan wig menjadi suatu tradisi. Wig sekarang ini digunakan hanya sebagai fashion, tetapi sudah tak lagi menunjukan status maupun kedudukan. Seluruh orang di dunia sekarang bisa menggunakan wig dan disesuaikan dengan pakaiannya. Berbagai macam model dengan warna yang bervariasi dapat Anda dapatkan dengan mudah. Anda tertarik menggunakan wig?


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.