Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

Berbagai perguruan tinggi di Tanah Air terdapat komunitas berisikan para mahasiswa serta staf dari universitas yang kerap tergabung untuk sama-sama menunjukkan kepeduliannya untuk kucing-kucing liar yang kerap kali menjadikan lingkungan kampus sebagai rumah mereka. Dengan contohnya adalah Komunitas FISIP UI Peduli Hewan. Hal yang serupa juga ada di Universitas Padjadjaran (Unpad) Kampus Jatinangor yang belum lama ini melakukan aksi yang terbilang unik terhadap kucing-kucing di kampus mereka.

Sekadar informasi, komunitas Unpad Street Feeding Animal Friend atau Unpad SF terbentuk pada Maret 2021 yang diinisiasikan oleh dua mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. Di mana para anggota komunitas ini tergerak sebagai relawan untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap hewan-hewan yang hidup di jalanan sekitar kampus Unpad Jatinangor.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Y a.jpg

Aksi yang dilakukan mahasiswa Unpad yang tergabung dalam komunitas UnpadSF ini adalah dengan memasangkan reflective collar atau kalung reflektif terhadap sejumlah kucing jalanan di lingkungan kampus mereka. Aksi tersebut dilakukan pada 8 Agustus 2022 dan bertepatan dengan perayaan Hari Kucing Internasional. Ternyata terdapat alasan di balik aksi mereka tersebut dan ini berhubungan dengan insiden menyedihkan yang kerap menimpa kucing-kucing di kampus.

“Kami menermia keluhan dari sivitas akademika dan warga setempat yang sering tidak sengaja menabrak kucing ketika berkendara di malam hari. Kalung ini memiliki lapisan reflektor yang dapat efektif dilihat dari jauh dalam keadaan gelap sehingga pengendara mampu lebih berhati-hati,” ucap salah seorang anggota komunitas UnpadSF Shafira, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (16/8/2022).

[Baca Juga: Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula Dari Dosen IPB]

Komunitas UnpadSF sendiri telah menargetkan untuk memasangkan kalung reflektif ke 80 persen kucing dewasa yang ada di lingkungan kampusnya. Pemasangan ini akan direalisasikan melalui beberapa fase dengan tahap pertama setidaknya sudah ada 20 ekor dari 85 kucing jalanan yang telah dipasangkan kalung reflektif.

Selain pemberian kalung reflektif, para anggota komunitas ini sadar betul bagaimana populasi kucing yang terus bertambah bisa memicu respons negatif dari warga di sekitar kampus. Oleh karena itulah, komunitas ini juga melakukan aksi Trap-Neuter-Return alias sterlisasi kucing jalanan demi cegah terjadinya overpopulasi yang ternyata mendapatkan respons positif dari sivitas akademikan Unpad serta masyarakat umum. Komunitas ini juga turut memberikan makan, vitamin, sampai membawa hewan yang sakit untuk diobati sebelum kembali dilepaskan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.