Sejumlah Rumah di Jakarta Barat Ditempeli Stiker, Ada Apa Upload.jpg

Berita Kawasan

Sejumlah Rumah di Jakarta Barat Ditempeli Stiker, Ada Apa?

Bila tidak diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maka pekan ini kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Ibu Kota akan berakhir. Namun walau akan segera berakhir, ini tak berarti bahwa elemen pemerintahan di DKI Jakarta tidak siaga dengan potensi penyebaran COVID-19. Hal ini bisa terlihat dengan kegiatan yang baru-baru ini dilakukan elemen pemerintahan Jakarta Barat yang bergerak untuk menempelkan stiker pengawasan terhadap sejumlah rumah di wilayahnya.

Penempelan stiker ini disebut untuk melakukan pengawasan terhadap pendatang baru dan orang yang mudik tapi tak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Di mana orang-orang seperti ini dianggap berpotensi dapat membawa virus SARS-CoV-2 apalagi mereka belum menjalani rapid test sebelumnya untuk COVID-19.

Sejumlah Rumah di Jakarta Barat Ditempeli Stiker, Ada Apa.jpg

Penempelan stiker yang pertama dilakukan oleh jajaran Kelurahan Cengkareng Barat pada 2 Juni 2020. Di mana Lurah Cengkareng Barat R Ilham Agustian langsung memimpin kegiatan ini dengan menargetkan enam orang yang disebut baru kembali dari mudik. Stiker itu disebut sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 untuk menandakan ada warga di RW 04 yang tengah menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

“Terdapat enam warga yang baru datang dari mudik tanpa memiliki SIKM. Mereka diarahkan untuk rapid test dan menjalani karantina selama 14 hari di dalam rumah,” ujar Lurah Cengkareng Barat itu, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (2/6/2020).

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]

Ilham melanjutkan, pengawasan warga yang baru datang ke wilayahnya akan terus dilakukan. Hal ini dilaksanakan dengan langsung melibatkan banyak pihak seperti jajaran Kelurahan Cengkareng Barat, Bintara Pembinan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), Bimbingan Massal (Bimas), Satpol PP, ketua/pengurus RW 04, tim gugus kendali COVID-19 Cengkareng Barat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Intelpol Polsek Cengkareng. Selain RW 04, langkah pengawasan serta penempelan stiker juga akan dilakukan di RW lainnya yang terindikasi ada warga yang baru datang dari mudik.

[Baca Juga: Elemen Pemerintahan Jakarta Barat Tindak Pelanggar PSBB]

Kegiatan penempelan stiker lainnya juga dilakukan di kawasan Kelurahan Wijaya Kusuma pada hari yang sama. Dengan Lurah Wijayakusuma Novi Indria Sari yang terlihat menempelkan stiker dengan tulisan, “Dalam Pengawasan Karantina Mandiri 14 Hari,” di pintu rumah indekos yang berada di RW 02.

“Selama karantina mandiri 14 hari, tim gugus tugas COVID-19 akan mengawasi ketiga pendatang baru tersebut. Bila selama itu ada gejala penurunan kesehatan, kita arahkan langsung cek kesehatan di puskesmas,” tutur Novi.

Novi menyebut, ketiga pendatang baru yang berasal dari Cirebon ini bekerja sebagai pelayan warung nasi. Di mana mereka lolos dari pengawasan petugas di lapangan dan masuk ke wilayah Jakarta menggunakan sepeda motor. Ia menambahkan, selama masa karantina mandiri maka ketiga orang itu akan selalu diawasi tim gugus tugas COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.