tabung oksigen, kumparan.jpg

Kesehatan

Sejutates.id Sediakan Tabung Oksigen Gratis untuk Warga Jabodetabek

Lonjakan kasus di gelombang kedua pandemi COVID-19 ini terasa berat bagi masyarakat. Pasalnya, dalam beberapa kasus di berbagai daerah, ketersediaan kapasitas ruangan di tiap rumah sakit sudah hampir mencapai titik maksimal. Terlebih, kekhawatiran tersebut kini juga menyentuh angka ketersediaan tabung oksigen di beberapa daerah yang mulai memasuki kategori langka.

Kabar kondisi kelangkaan tabung oksigen dan ruangan di rumah sakit sudah semakin sering ditemui. Beberapa kota besar terlebih Jabodetabek dan sekitarnya, sudah mulai dilanda kekhawatiran dengan menipisnya ketersediaan tabung oksigen yang menjadi entitas tumpuan utama dalam pengendalian dan pengobatan penyintas COVID-19. Merespons kasus tersebut, yang semakin tak terkendali, kabar baik lahir dari solidaritas salah satu komunitas, yang dikenal dengan panggilan Sejutates.id.

Sejutates.id merupakan komunitas yang hari ini berkembang di Utan Kayu, Jakarta Timur. Meski begitu, aksi dan solidaritas kolektif yang ditularkan oleh komunitas ini dapat dirasakan manfaatnya hingga seantero wilayah Jabodetabek.

Sejuta--Republika.jpg

Sejutates.id berawal gerakan kolektif dalam rangka menampung donasi dan menyediakan tes antigen agar mampu diakses oleh masyarakat luas secara murah dan mudah. Namun, mempertimbangkan keadaan kondisi terkini, Sejutates.id melangkah lebih maju dengan menyediakan tabung oksigen yang hari ini semakin sulit ditemui.

Langkah terbaru yang dilakukan komunitas ini, yakni menyediakan tabung oksigen secara gratis untuk masyarakat yang sedang membutuhkan. Meski kuantitas ketersediaan sangatlah terbatas, Sejutates.id menyediakan layanan peminjaman tabung oksigen bagi penyintas COVID-19 yang sedang membutuhkan untuk menjalani isolasi mandiri.

“Kami memiliki 101 tabung oksigen yang dapat anda pinjam selama 5-7 hari. Tersedia untuk warga Jakarta, Kota Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.” Jelas Sejutates.id, di kanal resmi Instagramnya.

Layanan peminjaman tabung oksigen tersebut dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat lintas kalangan. Dengan syarat yang sudah ditentukan, tabung oksigen dapat dipinjam untuk keperluan kritis isolasi mandiri selama kurang lebih sepekan dari jangka waktu peminjaman. Selain itu, peminjaman tabung oksigen yang semakin langka tersebut dapat dilakukan secara mudah dengan proses mengisi formulir secara online.

“Syarat peminjaman hanya untuk pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri, sekaligus kami menentukan prioritas peminjaman berdasarkan situasi pasien.” Lanjutnya.

Dalam prosesnya, masyarakat yang meminjam tabung oksigen sekaligus sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan mendapatkan pelayanan pengiriman ke alamat peminjam.

Sejuta -- Republika 2.jpg

Layanan yang dilakukan secara inisiatif solidaritas atas rasa kemanusiaan tersebut mampu menjawab kondisi kritis kelangkaan ketersediaan tabung oksigen di berbagai tempat, seperti DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Ke depannya, langkah gerakan Sejutates.id akan semakin diperluas jangkauannya sekaligus kuantitas fasilitas yang diberikan. Sebagai komunitas yang dijalankan dengan modal swadaya dan swakelola, komunitas Sejutates.id tetap membuka kesempatan secara lebar bagi masyarakat luas untuk terlibat langsung atau sekadar urun dana secara donasi.

Keberadaan gerakan solidaritas secara langsung seperti yang telah dilakukan komunitas Sejutates.id tersebut mampu memberikan inspirasi sekaligus praktik nyata sikap gotong royong masyarakat dalam menjawab krisis kesehatan dan kemanusiaan yang kini masih dan sedang terjadi.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.