Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Berita Kawasan

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Marullah Matali dilantik menjadi Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin, 18 Januari 2021. Ia menggantikan Saefullah yang meninggal dunia tahun lalu. Fokus kerja sekda tahun 2021 masih menangani pandemi COVID-19. Pada hari pertamanya bertugas, Selasa, 19 Januari 2021 ini, ia pun akan mulai terjun dan fokus pada penanganan pandemi di Ibu Kota.

”Waktu memberi amanat, Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada rencana pembangunan jangka menengah daerah dan kegiatan strategis daerah, seperti pembenahan berbagai layanan publik. Akan tetapi, prioritas tetap pada segala aspek terkait pandemi,” ujar Marullah ketika berjumpa dengan wartawan seusai dilantik.

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Marullah sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Ia mengikuti lelang jabatan sekretaris daerah bersama dengan Sri Haryati, Asisten Keuangan dan Ekonomi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah sementara pemilihan pejabat berlangsung. Adapun tampuk kepemimpinan di Jakarta Selatan kini ada di tangan Isnawa Aji yang sebelumnya adalah Wakil Wali Kota Jakarta Selatan.

Ia menuturkan, menurut Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jakarta, keadaan di Ibu Kota sudah gawat. Angka penularan tinggi dan jumlah kasus positif meningkat setiap hari. ”Selain menyebarluaskan vaksin, pendidikan masyarakat juga tetap sangat penting. Tanpa keterlibatan masyarakat menerapkan protokol kesehatan akan sulit bagi Jakarta untuk keluar dari situasi pandemi,” kata Marullah seperti diberitakan kompas.id (19/1/2021).

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Selatan Resmi Menjadi Sekretaris Daerah Pemprov DKI]

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia Tatri Lestari Handayani mengungkapkan, per tanggal 18 Januari ada 2.361 kasus positif COVID-19 yang baru terdeteksi. Total individu yang dites hari ini adalah 10.012 orang dengan metode uji usap reaksi berantai polimerase (PCR).

Ia mengatakan, dari segi jumlah kasus aktif ada 21.200 orang yang dirawat di rumah sakit rujukan maupun menjalani isolasi. Angka ini turun 479 kasus dibandingkan tanggal 17 Januari. Secara umum, tingkat kesembuhan di Ibu Kota adalah 89,1 persen. Angka kematian memang relatif rendah, yakni 1,7 persen. Akan tetapi, ini setara dengan nyawa 3.815 orang.

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Angka rata-rata penularan meningkat dari 13 persen di pekan lalu menjadi 17,9 persen pada 18 Januari. Artinya, walaupun Jakarta tengah menjalani pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), orang-orang tetap terkena COVID-19.

Kerja Sama dengan Hotel

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, sekretariat daerah diminta membuka kerja sama dengan hotel-hotel swasta secara lebih luas untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien tidak bergejala. Menurut dia, daripada hotel-hotel menganggur karena tidak ada tamu, lebih baik terlibat dalam penanganan pandemi. ”Mengerikan sekali. Angka kasus positif sudah 1:50 sekarang. Kita semua berisiko tertular,” ucapnya.

Ia juga meminta pemerintah dan masyarakat menyiapkan sistem karantina lokal. Pemprov DKI Jakarta memiliki data setiap kelurahan hingga rincian kluster per wilayah. Hendaknya ada pembatasan sosial berskala lokal seperti di rukun tetangga atau rukun warga agar penularan terkendali.

”Selain pendekatan masif, juga harus ada pendekatan kecil-kecil tapi mendetail. Sekretariat daerah yang punya kewenangan mengarahkan satuan kerja pemerintah daerah untuk pelaksanaannya,” tutup Prasetio.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : = = ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) = = = https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) = = = = http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )

  • Emma 1 month, 1 week lalu
    emma

    Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga10%, Bagi New Member Maupum Member setia Bola165 Sekarang Ada Tambahan Di setiap Withdraw Hingga 10% buruan daftar sekarang juga di Bola165, cek promosi lebih lanjut bisa sini: https://biolinky.co/linkpromo