Sekko Jakarta Timur Mengadakan Talk Show Jam Lurah

Berita Kawasan

Sekko Jakarta Timur Adakan Talk Show Jam Lurah

Kehidupan pasti akan meninggalkan sejarah. Peristiwa yang terjadi akan menjadi penting jika mempunyai nilai atau arti. Budaya adalah warisan serta sejarah dari nenek moyang yang harus dijaga serta dilestarikan. Indonesia terkenal dengan ragam budaya, ini adalah salah satu kekayaan seni ibu pertiwi. Tak hanya pulau dan kota saja, bahkan area atau wilayah tertentu memiliki unsur sejarah.

Mengacu akan hal tersebut, Lembaga Kebudayaan Betawi DKI Jakarta menggelar talk show bertajuk Jangan Ampe Lupain Sejarah (Jam Lurah) yang mengulas tuntas asal usul Duren Sawit. Acara ini cukup mencuri hati warga Kelurahan Pondok Kelapa. Pasalnya, ulasan talk show terbagi menjadi tiga segmen dengan membahas asal usul dari tujuh wilayah kelurahan di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sekko Jakarta Timur Mengadakan Talk Show Jam Lurah

Melansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (23/10/2019), kegiatan dalam menjaga kelestarian budaya Jakarta tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Usmayadi di Balai Latihan Kesenian (BLK), Jalan H. Naman Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Talk show Jam Lurah menghadirkan tiga tokoh sebagai narasumber. Diantaranya, Yahya Andi Saputra dari Lembaga Kebudayaan Betawi DKI Jakarta, H. Nurdin selaku Tokoh Masyarakat Pondok Kelapa dan H. Abu Bakar selaku Tokoh Masyarakat Duren Sawit.

Acara yang bertajuk Jam Lurah ini merupakan usaha menampilkan wajah Jakarta dengan membahas riwayat Duren Sawit yang dikenal luas di Indonesia. Bahkan hingga kini wilayah Duren Sawit yang kaya akan potensi telah menjadi salah satu ikon destinasi wisata dan ekonomi kerakyatan di Kota Administrasi Jakarta Timur.

[Baca Juga: Masalalu, Kafe Paling Ramai di Duren Sawit]

Usmayadi menyambut positif adanya acara Jam Lurah yang memberikan edukasi tentang sebuah wilayah. Ia mengajak agar seluruh warga di Kecamatan Duren Sawit ini dapat lebih meningkatkan kecintaanya terhadap kebudayaan Betawi. "Dari sejarah itulah kita dapat mengetahui bagaimana sebuah kebudayaan terbentuk. Tadi dibahas kebenaran asal usul Duren Sawit. Nah, disini kita mengetahui itu bahwa Duren Sawit itu bukan dulunya perkebunan buah duren dan kelapa sawit tapi melainkan duren sawit, artinya dulu banyak pohon duren yang kecil-kecil," kata Usmayadi.

Ia menambahkan bahwa kebudayaan Betawi juga memiliki ikatan yang kuat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, kebudayaan Betawi juga hingga saat ini merupakan pencerminan Jakarta sebagai kota yang terbuka terhadap aneka perbedaan. "Program Jam Lurah adalah usaha mendekatkan LKB dengan masyarakat. Kita ingin masyarakat tahu asal-usul sebuah tempat dan juga budaya Betawi yang ada di Kecamatan Duren Sawit," paparnya.

[Baca Juga: Ini Komunitas Jakarta yang Gemar Gelar Reka Ulang Sejarah]

Hal senada diungkapkan Ketua Bidang Komunikasi Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Yusron Syarif. Ia menjelaskan bahwa salah satu tujuan lembaga ini didirikan adalah mengenalkan sejarah Betawi kepada kalangan generasi muda yang memiliki jati diri bangsa. "Kebudayaan Betawi merupakan bagian dari budaya nasional dan aset bangsa yang keberadaannya perlu dijaga, dibina dan dikembangkan pemanfaatannya," jelas Yusron.

"Sejarah dan budaya Betawi bisa berperan dalam upaya menciptakan masyarakat yang memiliki jati diri, berakhlak mulia, berperadaban serta mempertinggi pemahaman terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa," tandasnya.

Sebagai warga negara dan bagian dari suatu wilayah atau daerah, tentunya Anda perlu mengetahui asal usul tempat Anda tinggal. Sejarah merupakan ilmu yang juga harus dilestarikan, mengingat pejuang yang telah berkorban demi kebaikan bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.