ads
Sekko Jaktim Himbau Warga Tidak Cuek Tangani Kasus DBD

Berita Kawasan

Sekko Jaktim Himbau Warga Tidak Cuek Tangani Kasus DBD

Penanganan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Jakarta Timur dilakukan secara serius oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur. Melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Menguras, Menutup, Mengubur (3M) Plus segala bentuk pencegahan lainnya dilakukan dengan rutin baik di tingkat kelurahan, kecamatan dan kota Administrasi Jakarta Timur.

[Baca Juga: Cegah DBD, Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang]

Agenta rutin kegiatan PSN 3M Plus yang dilakukan Pemkot Administras Jakarta Timur kini sudah dilakukan seminggu tiga kali sesuai dengan arahan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur. Sebelumnya, kegiatan rutin pencegahan kasus DBD dilaksanakan seminggu dua kali. Namun, agar bisa menurunkan angka kasus DBD di wilayah Jakarta Timur maka diputuskan untuk dilakukan tiga kali dalam seminggu.

Melansir timur.jakarta.go.id (9/4/2019), kegiatan peninjauan PSN 3M Plus yang dilakukan di RW 007 Kelurahan Susukan, Ciracas, Jakarta Timur diikuti Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi pada 9 April 2019. Kelurahan Susukan selama Januari-April 2019 memiliki sembilan kasus DBD, sehingga Usmayadi turut meninjau langsung ke kawasan tersebut bersama kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) wilayah setempat.

[Baca Juga: Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender]

Sebelum melakukan peninjauan PSN 3M ke rumah-rumah warga di Kelurahan Susukan, diadakan apel yang dipimpin Usmayadi dan diikuti 40 peserta gabungan, yaitu kader Jumantik Kelurahan Susukan, pengurus RT, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan tokoh masyarakat. Selain itu, Lurah Susukan Mukodas dan Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Ciracas Ani, serta Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas Sunersih Handayani juga turut mendampingi Sekretaris Kota Jakarta Timur.

Pengecekan ke Rumah-rumah

Selanjutnya, Usmayadi bersama para peserta gabungan dan jajarannya yang mengikuti apel melakukan aksi PSN 3M Plus bersama-sama dengan mengecek ke setiap rumah warga, baik rumah pribadi maupun kontrakan. Pengecekan dilakukan mulai dari penampungan air, bak mandi, hingga bagian belakang lemari pendingin.

Usmayadi mengatakan, dia masih menemukan jentik di ember penampungan air di salah satu rumah warga saat melakukan peninjauan. “Saat pemeriksaan disalah satu rumah warga, tadi ditemukan jentik di ember penampungan air dan saya sudah berikan sosialisasi kepada pemilik rumah agar selalu menjaga kebersihan dan lakukan PSN seminggu tiga kali," kata Usmayadi usai melakukan aksi PSN 3M Plus.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Dia juga menghimbau agar seluruh warga tidak cuek dalam melakukan PSN di rumah masing-masing. Jika ada warga yang tidak serius melakukannya, akibatnya akan kembali ditemukan kasus DBD dari keluarganya sendiri atau bahkan berdampak ke tetangga sekitar.

Salah satu kader Jumantik Kelurahan Susukan Triana juga mengatakan, dengan masih ditemukannya jentik nyamuk di salah satu rumah warga tentu berpotensi menjadi penyebab DBD. Sehingga dia berharap temuan itu menjadi yang terakhir, sehingga tidak ada lagi jentik nyamuk yang ditemukan di hari berikutnya. “Saya ingatkan kepada seluruh warga RW 007 untuk menjadi kader Jumantik mandiri di masing-masing rumahnya," pesannya.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads