Sekolah di Malang Tetap Lakukan Kegiatan Ramadhan Secara Daring

Pendidikan

Sekolah di Malang Tetap Lakukan Kegiatan Ramadan Secara Daring

Tahun ini merupakan momen bulan Ramadan yang bersamaan dengan pandemi COVID-19. Untuk itulah kegiatan terkait pesantren Ramadan tetap dilakukan dengan cara online. Seperti yang dilakukan SMAN 1 Dampit Kabupaten Malang melakukan kegiatan tersebut melalui Google Classrom. Kegiatan ini diikuti semua siswa yang dibagi dalam beberapa kelompok dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Melansir laman malangpostonline.com (05/04/2020). Waka Kesiswaan SMAN 1 Dampit Lukman Hakim MPd menjelaskan Pesantren Ramadan online ini diikuti siswa dengan mempraktikkan amal ibadah yang dilakukan di rumah.

Sekolah di Malang Tetap Lakukan Kegiatan Ramadhan Secara Daring

"Materi dari kegiatan ini berupa literasi Islam online, tilawatil qur'an, dan salat duha. Materi kajiannya yang sederhana saja, yang penting bisa meningkatkan keimanan anak-anak selama Ramadan dalam kondisi tak normal masa pandemi COVID-19," ungkap Lukman.

Selain itu, ada juga praktik ibadah. Materi videonya dikirim melalui Google Classrom untuk disimpulkan para siswa pesantren Ramadhan online. Materi dalam bentuk video ini didapatkan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam, juga dari tim guru SMAN 1 Dampit sendiri.

[Baca Juga: Mulai 11 Mei 2020, RSUB Malang Siap Layani Tes Swab]

Kegiatan serupa juga dilakukan pihak SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi dengan menggelar ‘Virtual Summer Camp Ramadan 1441 H’. Kegiatan ini banyak berisi kajian seputar Ramadan secara daring dan disiarkan secara live streaming.

Waka Humas SMK Mutu Isa Ansori mengungkapkan, kajian Ramadan virtual ini dilangsungkan setiap hari, selama 60 menit mulai pukul 4 sore. Kajian dikemas juga dengan dialog bersama narasumber dan dipandu host. Tema Ramadan virtual summercamp sendiri adalah 'Teguhkan Imtaq di Tengah Covid-19".

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

"Saat live streaming kajian, semua siswa diharuskan menyimak lalu merangkum setiap materi yang disampaikan juga melalui link yang video sudah disiapkan. Siswa juga bisa bertanya melalui chat langsung ketika materi disampaikan," jelas guru Agama Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab ini.

Menebar siar kebaikan juga dilakukan pihak SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan menyajikan serial Kultum Ramadan secara live streaming maupun materi atau konten yang diunggah ke akun media sosial.

"Kultum Ramadan ini bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kepanjen. Produksi materi siarnya dilakukan tim sekolah yang tergabung dalam Malvocs Production House," kata Kepala SMK Muhammadiyah 5, Arif Joko Suryadi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.