Sekolah Disabilitas yang Ada Di Kota Bekasi Akhirnya Diresmikan

Pendidikan

Sekolah Disabilitas yang Ada di Kota Bekasi Akhirnya Diresmikan

Dalam rangka ulang tahun Kota Bekasi ke 23 pada 10 Maret 2020 lalu, Pemkot Bekasi meresmikan beberapa lima fasilitas masyarakat untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, yakni sarana pelayanan sosial berupa rumah singgah terpadu di Kecamatan Mustika Jaya, sarana Olahraga berupa Stadium Mini Sumur Batu, sarana pemerintahan, yakni dua kantor Kelurahan Harapan Baru dan Kayuringin, sarana kesehatan berupa Puskesmas Kecamatan Bantargebang, dan sarana pendidikan Sekolah Disabilitas Terpadu.

Hal tersebut dipaparkan saat upacara perayaan ulang tahun Kota Bekasi beberapa saat lalu. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pun baru saja meresmikan salah satunya, yaitu sekolah disabilitas terpadu (Sekolah Dasar Luar Biasa atau Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa) SDLB/SMPLB Disabilitas Fisik dan Sensor Netra.

Sekolah Disabilitas yang Ada di Kota Bekasi Akhirnya Diresmikan

Pembangunan sekolah disabilitas ini muncul karena komitmen Pemerintah Kota Bekasi pada 3 Desember 2018 lalu. Di mana, saat itu yang bertepatan pada Hari Disabilitas, Kota Bekasi dipilih oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk mengadakan peringatan tersebut untuk diadakan di Kota Bekasi yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

[Baca Juga: Ini Yang Harus Dipahami Dari Istilah Difabel dan Disabilitas]

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id dari Humas Kota Bekasi (18/3/2020) Amanah implementasi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, maka Wali Kota Bekasi telah menetapkan Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 58 Tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Kota Bekasi tanggal 15 Oktober 2018.

"Usai acara disabilitas tahun 2018 lalu, sepakat untuk mewujudkan apa yang telah menjadi komitmen Pemerintah Kota Bekasi dalam membangun sekolah disabilitas dan semoga dapat terealisasi pada akhir tahun 2019," ujar Rahmat.

[Baca Juga: Peresmian Kantor Pusat Bank Syariah Patriot dalam HUT-23 Kota Bekasi]

Usai peringatan tersebut, Pemkot Bekasi sepakat untuk mewujudkan sekolah disabilitas yang dapat terealisasi pada akhir tahun 2019. Akhirnya, sekolah disabilitas tersebut dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) 2019 sebesar Rp4.069.536.000.

Sekolah disabilitas tersebut dibangun di atas tanah 1171 meter persegi, sekolah disabilitas ini juga merger dengan SDN Margajaya I dan IV. dengan luas bangunan sebanyak 1040 m. Gedung sekolah tersebut, memiliki enam ruang kelas untuk siswa disabilitas SD dan tiga ruang untuk siswa disabilitas SMP.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.