MENTENG_PENDIDIDKAN_SEKOLAH-INI-MERUPAKAN-SEKOLAH-KHUSUS-AGAR-SISWASNYA--SUKSES_EMIIL_1100-X-600-Px.jpg

Pendidikan

Sekolah Ini Menerapkan Metode Khusus agar Siswanya Sukses

Sebuah sekolah swasta yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat memiliki metode menarik untuk siswanya. Di mana lembaga pendidikan ini menerapkan metode ‘Tujuh Kebiasaan Manusia yang Efektif’ agar para siswanya menjadi sukses dan dapat menjadi sosok pemimpin. Nama sekolah tersebut adalah Sekolah Perkumpulan Mandiri.

Sekolah yang memiliki jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak (TK) sampai sekolah menengah atas (SMA) ini berlokasi di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi No.5, Gondangdia, Menteng Jakarta Pusat. Metode khusus yang mereka terapkan ini memiliki model bernama Leader in Me yang sebenarnya memiliki dasar dari tulisan karya Stephen R. Covey berjudul The 7 Habits of Highly Effective People dan ditujukan agar seseorang menjalani hidup secara lebih efektif.

Sebagaimana dilansir dari spm.sch, model Leader in Me ini digunakan untuk membuat pandangan bahwa setiap anak atau siswa mampu dan dapat menjadi sosok pemimpin. Metode yang diterapkan di Sekolah Perkumpulan Mandiri ini memberikan bekal kepada para siswanya agar mereka memiliki kepercayaan diri serta kemampuan untuk sukses di situasi ekonomi abad 21.

Berikut ini metode Tujuh Kebiasaan Manusia yang Efektif dalam model Leader in Me yang diterapkan di sekolah yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat tersebut:

  • Jadilah Proaktif (Be Proactive), siswa memiliki mindset bahwa mereka menjadi orang yang proaktif dengan memastikan kata serta perbuatan yang dilakukan mereka membantu menjadikan Sekolah Perkumpulan Mandiri jadi tempat yang aman sekaligus positif untuk semua orang.
  • Mulailah dari Akhir dalam Pikiran (Begin With the End in Mind), siswa memiliki pandangan akhir dalam pikirannya untuk mencari cara agar menjadi sosok pelajar yang mengambil pilihan baik yang dapat membantunya sukses.
  • Dahulukan yang Utama (Put First Things First), siswa mendahulukan hal-hal yang utama agar waktunya digunakan secara efektif dan mengindari hal-hal yang menghambat diri mereka menjadi sosok yang positif dan sukses.
  • Berpikir Menang-Menang (Think Win-Win), siswa menggunakan solusi ‘semua menang’ agar bisa bekerja secara positif dengan orang lain jadi semua bisa belajar dan tumbuh sebagai individual.
  • Berusaha untuk Mengerti Orang Lain Dahulu, Baru Kemudian Dimengerti (Seek First to Understand, Then to be Understand), para siswa diarahkan agar mereka menjadi pendengar yang baik dan secara hormat serta percaya diri dapat mengemukakan idenya kepada orang lain.
  • Sinergi (Synergize), para siswa diarahkan agar mereka bersinergi melalui cara bergaul dan bekerjasama dengan semua siswa.
  • Asahlah “Gergaji” ,gergaji di sini adalah ungkapan yang di mana bermakna agar siswa di sekolah swasta yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat ini menjaga kesehatannya dan menghabiskan waktu bersama teman serta keluarga.

Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.