ANCOL_PENDIDIKAN_SEKOLAH RAKYAT ANCOL PENDIDIKAN UNTUK ANAK KURANG MAMPU_ICHWAN-01.jpg

Pendidikan

Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu

Tidak banyak lembaga pendidikan seperti sekolah yang fokus untuk membantu pendidikan anak-anak dari kalangan kurang mampu. Sebut saja salah satunya adalah Sekolah Darurat Kartini yang didirikan oleh ibu kembar bernama Sri Irianingsih dan saudarinya Sri Rossyati. Namun ternyata masih ada sekolah yang bertujuan sama yakni Sekolah Rakyat Ancol (SRA) yang lokasinya tidak jauh dari Taman Impian Jaya Ancol.

Sekolah ini berdiri atas kepedulian PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk melalui Corporate Social Responsibility (CRS) Department. Landasan berdirinya sekolah ini didasari kepedulian dalam hal pendidikan terutama pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dari segi ekonomi. Dalam laman resminya, hingga saat ini Sekolah Rakyat Ancol sudah memiliki dua lokasi yakni Sekolah Rakyat Ancol 1 yang beralamat di Jalan Industri III Dalam RT. 006 RW. 14, Pademangan Barat, Jakarta Utara dan Sekolah Rakyat Ancol 1 yang berada di Jalan Ancol Barat 1 RT. 006 RW. 01, Ancol, Jakarta Utara.

Sekolah yang bernaung di Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia ini berupaya untuk memberi kesempatan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk tetap bisa belajar dan mengembangkan potensi dirinya untuk masa depan. Hal itu sesuai dengan misi sekolah ini yang salah satunya ingin menyelenggarakan layanan pendidikan yang merata dan berkualitas dan menumbuhkan semangat berkompetisi.

Berdasarkan sejarahnya, sekolah yang berdiri sejak Juni 2004 ini pertama kali memperkenalkan model belajar mandiri dengan nama Tempat Kegiatan Belajar Mandiri Harapan Mulia (TKBM HM) yang berada dibawah naungan SMP Terbuka Koja (sekarang SMPN 30 Jakarta). Sekolah ini pula memberi ruang dan kesempatan untuk anak-anak kurang mampu agar tetap bersekolah dalam jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dukungan dan kontribusi serta peran aktif perusahaan di sekitar Tempat Kegiatan Belajar Mandiri Harapan Mulia (TKBM HM), yayasan dan pemerintah setempat membuat TKBM berkembang hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu dan beragam kegiatan sekolah, serta dukungan yang intensif dari PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, maka di tahun kedua TKBM HM berubah menjadi Sekolah Rakyat Ancol 1 (SRA I).

Tahun 2009/2010 SRA I sepenuhnya menginduk ke SMPN 84 Jakarta, dikarenakan SMPN 30 sudah meningkat standarnya menjadi sekolah Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) yang mana tidak diperbolehkan lagi untuk menjadi sekolah induk dari SMP Terbuka. Perpindahan ini tidak mengurangi kegiatan yang sudah berjalan di sekolah induk sebelumnya, bahkan semakin berkembang.

Dalam perjalanannya menginjak tahun ke VI, SRA I mendapat antusiasme yang bagus di masyarakat dengan meningkatnya keinginan orangtua yang mendaftarkan putra-putrinya setiap tahun. Bukan hanya itu, sekolah ini pun cukup banyak mendulang prestasi. Partisipasi siswa baik dalam mewakili SMP Induk ataupun dalam kegiatan yang diikuti SRA I sendiri, seperti Lomba Motivasi belajar mandiri (Lomojari) Tingkat Nasional mendapatkan peringkat pertama di tahun 2009.

Sebagai program sekolah terbuka tingkat SMP, Sekolah Sekolah Rakyat Ancol yang banyak menginduk pada SMP Negeri di Jakarta Utara ini memiliki program di mana seluruh seluruh kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara mandiri. Namun pada akhir masa pembelajaran, siswa akan memperoleh ijazah sekolah negeri.

Hal ini memberikan keleluasaan kepada Ancol dan YSRI selaku pelaksana program SRA untuk dapat memberikan tidak hanya materi akademis sesuai kurikulum, tetapi juga materi seperti kewirausahaan dan pembekalan akhlak sesuai dengan moto sekolah yaitu “Mandiri, Berjiwa Pemimpin dan Berakhlak Mulia”.

Selain itu, seluruh siswa Sekolah Rakyat Ancol juga dibekali dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti kesenian angklung, musik perkusi, english club dan taekwondo. Siswa SRA juga memiliki kesempatan untuk dapat menikmati fasilitas yang berada di dalam kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol secara cuma-cuma seperti berolahraga di areal pantai dan juga kegiatan renang rutin di Atlantis Water Adventure.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

Kuliner

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

09 April 2020, 17:00

Food For The Heroes merupakan program Bakmitopia untuk mendukung mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.