ads
ANCOL_PENDIDIKAN_SEKOLAH RAKYAT ANCOL PENDIDIKAN UNTUK ANAK KURANG MAMPU_ICHWAN-01.jpg

Pendidikan

Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu

Tidak banyak lembaga pendidikan seperti sekolah yang fokus untuk membantu pendidikan anak-anak dari kalangan kurang mampu. Sebut saja salah satunya adalah Sekolah Darurat Kartini yang didirikan oleh ibu kembar bernama Sri Irianingsih dan saudarinya Sri Rossyati. Namun ternyata masih ada sekolah yang bertujuan sama yakni Sekolah Rakyat Ancol (SRA) yang lokasinya tidak jauh dari Taman Impian Jaya Ancol.

Sekolah ini berdiri atas kepedulian PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk melalui Corporate Social Responsibility (CRS) Department. Landasan berdirinya sekolah ini didasari kepedulian dalam hal pendidikan terutama pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dari segi ekonomi. Dalam laman resminya, hingga saat ini Sekolah Rakyat Ancol sudah memiliki dua lokasi yakni Sekolah Rakyat Ancol 1 yang beralamat di Jalan Industri III Dalam RT. 006 RW. 14, Pademangan Barat, Jakarta Utara dan Sekolah Rakyat Ancol 1 yang berada di Jalan Ancol Barat 1 RT. 006 RW. 01, Ancol, Jakarta Utara.

Sekolah yang bernaung di Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia ini berupaya untuk memberi kesempatan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk tetap bisa belajar dan mengembangkan potensi dirinya untuk masa depan. Hal itu sesuai dengan misi sekolah ini yang salah satunya ingin menyelenggarakan layanan pendidikan yang merata dan berkualitas dan menumbuhkan semangat berkompetisi.

Berdasarkan sejarahnya, sekolah yang berdiri sejak Juni 2004 ini pertama kali memperkenalkan model belajar mandiri dengan nama Tempat Kegiatan Belajar Mandiri Harapan Mulia (TKBM HM) yang berada dibawah naungan SMP Terbuka Koja (sekarang SMPN 30 Jakarta). Sekolah ini pula memberi ruang dan kesempatan untuk anak-anak kurang mampu agar tetap bersekolah dalam jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dukungan dan kontribusi serta peran aktif perusahaan di sekitar Tempat Kegiatan Belajar Mandiri Harapan Mulia (TKBM HM), yayasan dan pemerintah setempat membuat TKBM berkembang hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu dan beragam kegiatan sekolah, serta dukungan yang intensif dari PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, maka di tahun kedua TKBM HM berubah menjadi Sekolah Rakyat Ancol 1 (SRA I).

Tahun 2009/2010 SRA I sepenuhnya menginduk ke SMPN 84 Jakarta, dikarenakan SMPN 30 sudah meningkat standarnya menjadi sekolah Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) yang mana tidak diperbolehkan lagi untuk menjadi sekolah induk dari SMP Terbuka. Perpindahan ini tidak mengurangi kegiatan yang sudah berjalan di sekolah induk sebelumnya, bahkan semakin berkembang.

Dalam perjalanannya menginjak tahun ke VI, SRA I mendapat antusiasme yang bagus di masyarakat dengan meningkatnya keinginan orangtua yang mendaftarkan putra-putrinya setiap tahun. Bukan hanya itu, sekolah ini pun cukup banyak mendulang prestasi. Partisipasi siswa baik dalam mewakili SMP Induk ataupun dalam kegiatan yang diikuti SRA I sendiri, seperti Lomba Motivasi belajar mandiri (Lomojari) Tingkat Nasional mendapatkan peringkat pertama di tahun 2009.

Sebagai program sekolah terbuka tingkat SMP, Sekolah Sekolah Rakyat Ancol yang banyak menginduk pada SMP Negeri di Jakarta Utara ini memiliki program di mana seluruh seluruh kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara mandiri. Namun pada akhir masa pembelajaran, siswa akan memperoleh ijazah sekolah negeri.

Hal ini memberikan keleluasaan kepada Ancol dan YSRI selaku pelaksana program SRA untuk dapat memberikan tidak hanya materi akademis sesuai kurikulum, tetapi juga materi seperti kewirausahaan dan pembekalan akhlak sesuai dengan moto sekolah yaitu “Mandiri, Berjiwa Pemimpin dan Berakhlak Mulia”.

Selain itu, seluruh siswa Sekolah Rakyat Ancol juga dibekali dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti kesenian angklung, musik perkusi, english club dan taekwondo. Siswa SRA juga memiliki kesempatan untuk dapat menikmati fasilitas yang berada di dalam kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol secara cuma-cuma seperti berolahraga di areal pantai dan juga kegiatan renang rutin di Atlantis Water Adventure.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads