Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ

Pendidikan

Sekolah Zona Hijau Diizinkan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Panduannya

Terhitung tiga bulan sudah berlalu sejak pemerintah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk para siswa-siswi. Sejalan dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini pemerintah kembali membuat kebijakan baru.

Jelang memasuki tahun ajaran baru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengizinkan pembelajaran tatap muka bagi sekolah yang berada di wilayah zona hijau.

“Untuk daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan Belajar dari Rumah,” kata Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, dilansir dari kemendikbud.go.id (16/6/2020).

[Baca Juga: Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ]

Terkait keputusan tersebut, Nadiem mengatakan bahwa proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis. Pertama, satuan pendidikan yang akan melakukan pembelajaran tatap muka harus berada pada zona hijau.

Kedua, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di zona hijau baru bisa dilakukan bila pemerintah daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama memberi izin. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran tatap muka jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan. Terakhir, pembelajaran tatap muka dapat dilakukan dengan persetujuan orang tua/wali murid.

“Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan Belajar dari Rumah secara penuh,” tegasnya.

Prediksi Nadiem Makarim Tentang Jenis Profesi di Masa Depan

Panduan Pelaksanaannya

Pembelajaran tatap muka hanya berlaku untuk satuan pendidikan di zona hijau dan pelaksanaannya berdasarkan perimbangan kemampuan peserta didik dalam menerapkan protokol kesehatan. Oleh karenanya, untuk tahap pertama tingkat pendidikan yang diperbolehkan pembelajaran tatap muka yakni pendidikan tingkat atas dan sederajat.

Tahap kedua pendidikan tingkat menengah dan sederajat. Terakhir, tahap ketiga tingkat dasar dan sederajat. Pelaksanaannya harus sesuai dengan tahapan waktu yang telah ditentukan.

“Namun, begitu ada penambahan kasus atau level risiko daerah naik, satuan pendidikan wajib ditutup kembali,” kata Nadiem.

[Baca Juga: Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19]

Sementara itu, untuk sekolah dan madrasah berasrama pada zona hijau harus melaksanakan Belajar dari Rumah. Kedua institusi pendidikan tersebut juga dilarang membuka asrama dan pembelajaran tatap muka selama masa transisi atau dua bulan pertama. Pembukaan asrama dan pembelajaran tatap muka dilakukan secara bertahap di masa new normal dan pelaksanaannya disesuaikan dengan ketentuan kapasitas asrama.

Kemudian kepala satuan pendidikan di zona hijau wajib mengisi daftar periksa kesiapan sesuai protokol kesehatan Kementerian Kesehatan. Nantinya Kemendikbud akan mengeluarkan materi panduan seperti program khusus di TVRI, infografik, poster, buku saku, dan materi lain mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan pada fase pembelajaran tatap muka di zona hijau.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.