Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Properti dan Solusi

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Sekop taman atau kebun adalah peralatan taman yang berfungsi untuk menggali tanah, menanam berbagai macam tanaman maupun memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat lainnya. Sekop ini juga merupakan peralatan yang serbaguna sehingga sangat populer di kalangan para tukang kebun maupun para petani.

Sekop taman terdiri dari dua bagian yang berbeda yaitu bagian pisau dan pegangannya. Pegangan yang dibuat lebih panjang berpengaruh besar dan berguna untuk pekerjaan yang lebih berat misalnya untuk memotong akar dan menggali tanah yang sulit digali. Sedangkan pegangan yang pendek dapat memberikan kontrol yang lebih besar bagi penggunanya dan biasanya digunakan untuk menanam umbi-umbian.

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Pisau atau sendoknya berfungsi untuk memotong tanaman, menggali tanah maupun mengeruk kotoran. Sebuah pisau yang lebih besar dapat memindahkan tanah dalam jumlah yang besar pula, sedangkan pisau yang lebih tajam dapat digunakan untuk menggali lebih dalam, sekaligus memotong akar yang menjalar di dalam tanah.

Hal penting yang bisa menjadi pertimbangan ketika membeli sekop taman adalah bahwa sekop yang lebih berat cenderung jauh lebih kuat dibandingkan sekop yang lebih ringan. Hal ini akan berpengaruh besar pada kemampuan untuk melakukan pemotongan akar maupun menggali tanah yang sulit.

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Sekop taman yang lebih ringan biasanya akan membuat penggunanya lebih cepat lelah, tidak tahan lama dan bisa patah apabila digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat. Hal lain yang tidak kalah penting dari sebuah sekop taman adalah bagian tajamnya. Bagian inilah yang sangat penting agar lebih mudah digunakan untuk memotong dan menggali tanah.

Jika bagian ini tumpul maka akan menyebabkan pemotongan akar tanaman dan penggalian tanah terasa sulit, bahkan proses pengerukan kotoran menjadi sukar. Hal ini bisa menyebabkan taman terlihat kurang rapi dan terkesan acak-acakan. Jika bagian tersebut kurang tajam juga akan menyebabkan kesulitan apabila digunakan untuk memotong akar yang lebih besar.

[Baca Juga: Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah]

Sekop taman terkadang sering disalahartikan sebagai sekop pasir atau tanah. Padahal kedua peralatan ini adalah peralatan yang berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda pula. Sekop pasir memiliki pisau datar yang menempel ke pegangan.

Fungsi sekop pasir adalah untuk mengeruk pasir, tanah atau kotoran serta pekerjaan lain yang letaknya presisi dekat dengan tanah. Sedangkan sekop taman selain dapat digunakan untuk menggali tanah dan mengeruk kotoran, namun lebih sering digunakan untuk memotong.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.