Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Properti dan Solusi

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Sekop taman atau kebun adalah peralatan taman yang berfungsi untuk menggali tanah, menanam berbagai macam tanaman maupun memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat lainnya. Sekop ini juga merupakan peralatan yang serbaguna sehingga sangat populer di kalangan para tukang kebun maupun para petani.

Sekop taman terdiri dari dua bagian yang berbeda yaitu bagian pisau dan pegangannya. Pegangan yang dibuat lebih panjang berpengaruh besar dan berguna untuk pekerjaan yang lebih berat misalnya untuk memotong akar dan menggali tanah yang sulit digali. Sedangkan pegangan yang pendek dapat memberikan kontrol yang lebih besar bagi penggunanya dan biasanya digunakan untuk menanam umbi-umbian.

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Pisau atau sendoknya berfungsi untuk memotong tanaman, menggali tanah maupun mengeruk kotoran. Sebuah pisau yang lebih besar dapat memindahkan tanah dalam jumlah yang besar pula, sedangkan pisau yang lebih tajam dapat digunakan untuk menggali lebih dalam, sekaligus memotong akar yang menjalar di dalam tanah.

Hal penting yang bisa menjadi pertimbangan ketika membeli sekop taman adalah bahwa sekop yang lebih berat cenderung jauh lebih kuat dibandingkan sekop yang lebih ringan. Hal ini akan berpengaruh besar pada kemampuan untuk melakukan pemotongan akar maupun menggali tanah yang sulit.

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Sekop taman yang lebih ringan biasanya akan membuat penggunanya lebih cepat lelah, tidak tahan lama dan bisa patah apabila digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat. Hal lain yang tidak kalah penting dari sebuah sekop taman adalah bagian tajamnya. Bagian inilah yang sangat penting agar lebih mudah digunakan untuk memotong dan menggali tanah.

Jika bagian ini tumpul maka akan menyebabkan pemotongan akar tanaman dan penggalian tanah terasa sulit, bahkan proses pengerukan kotoran menjadi sukar. Hal ini bisa menyebabkan taman terlihat kurang rapi dan terkesan acak-acakan. Jika bagian tersebut kurang tajam juga akan menyebabkan kesulitan apabila digunakan untuk memotong akar yang lebih besar.

[Baca Juga: Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah]

Sekop taman terkadang sering disalahartikan sebagai sekop pasir atau tanah. Padahal kedua peralatan ini adalah peralatan yang berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda pula. Sekop pasir memiliki pisau datar yang menempel ke pegangan.

Fungsi sekop pasir adalah untuk mengeruk pasir, tanah atau kotoran serta pekerjaan lain yang letaknya presisi dekat dengan tanah. Sedangkan sekop taman selain dapat digunakan untuk menggali tanah dan mengeruk kotoran, namun lebih sering digunakan untuk memotong.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.