Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

Kesehatan

Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan, misalnya saja stroke atau pun penyakit jantung. Para ilmuwan juga menyebutkan, mengkonsumsi garam secara berlebih mampu mengakibatkan darah tinggi. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengurangi porsi garam dalam makanan.

Namun tahukah Anda jika, kandungan yodium pada garam bukan hanya ada pada garam saja? Nyatanya ada beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi. Sehingga Anda bisa mengontrol jumlah garam yang dimasukkan pada masakan agar tak berlebihan dan masih baik untuk dikonsumsi.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

Melansir dari beberapa sumber (6/1/2019) berikut beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam yang mungkin belum Anda ketahui.

4 Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Kulkas

1) Susu dan Produk Olahan Susu

Susu merupakan makanan yang kaya akan kandungan kalsium yang sangat tinggi untuk perkembangan tulang dan otak. Susu mengandung yodium yang berbeda-beda tergantung merk. Namun biasanya setiap satu cangkir susu dapat memenuhi 59-112 persen jumlah yodium harian yang dibutuhkan. Produk olahan susu seperti yoghurt, keju, dan lainnya tentu juga mengandung jumlah yodium atau garam.

Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

2) Ikan Tuna & Udang

Ikan tuna mengandung kalsium, zat besi, selenium, fosfor, kolin, vitamin D, vitamin B, kalium dan magnesium. Sedangkan udang merupakan sumber protein, vitamin B12, mineral dan lainnya. kedua makanan laut ini mengandung banyak yodium, dalam udang saja jumlah garam yang terkandung dalam tiga ons terdapat 35 mikro gram atau 23 persen. Sedangkan dalam tiga ons tuna, mengandung 17 mikrogram yodium atau sekitar 11 persen dari asupan harian yang dianjurkan.

Prediksi Tren Kuliner di Tahun 2020, Apakah Boba Masih Populer Rumput Laut

3) Rumput Laut

Rumput laut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin K, zat besi, dan mineral. Namun rumput laut mengandung garam alami yang jumlahnya berbeda-beda tergantung jenisnya. Bahkan Anda juga tak disarankan mengonsumsi rumput laut dalam jumlah terlalu banyak lebih daru satu kali dalam seminggu apalagi jika dalam kondisi hamil.

Telur Mentah

4) Telur

Telur memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh karena mengandung protein dan mineral yang baik. Namun satu telur mengandung yodium sebesar 16 persen dari kebutuhan harian.

[Baca Juga: Garam Himalaya Warna Merah Jambu Kesehatan yang Bernutrisi]

Itulah beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam. Jika Anda mengonsumsi makanan tersebut, kurangi lah porsi garam yang biasa Anda masukan ke dalam masakan.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.