Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

Kesehatan

Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan, misalnya saja stroke atau pun penyakit jantung. Para ilmuwan juga menyebutkan, mengkonsumsi garam secara berlebih mampu mengakibatkan darah tinggi. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengurangi porsi garam dalam makanan.

Namun tahukah Anda jika, kandungan yodium pada garam bukan hanya ada pada garam saja? Nyatanya ada beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi. Sehingga Anda bisa mengontrol jumlah garam yang dimasukkan pada masakan agar tak berlebihan dan masih baik untuk dikonsumsi.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

Melansir dari beberapa sumber (6/1/2019) berikut beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam yang mungkin belum Anda ketahui.

4 Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Kulkas

1) Susu dan Produk Olahan Susu

Susu merupakan makanan yang kaya akan kandungan kalsium yang sangat tinggi untuk perkembangan tulang dan otak. Susu mengandung yodium yang berbeda-beda tergantung merk. Namun biasanya setiap satu cangkir susu dapat memenuhi 59-112 persen jumlah yodium harian yang dibutuhkan. Produk olahan susu seperti yoghurt, keju, dan lainnya tentu juga mengandung jumlah yodium atau garam.

Selain Garam, Ini Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi

2) Ikan Tuna & Udang

Ikan tuna mengandung kalsium, zat besi, selenium, fosfor, kolin, vitamin D, vitamin B, kalium dan magnesium. Sedangkan udang merupakan sumber protein, vitamin B12, mineral dan lainnya. kedua makanan laut ini mengandung banyak yodium, dalam udang saja jumlah garam yang terkandung dalam tiga ons terdapat 35 mikro gram atau 23 persen. Sedangkan dalam tiga ons tuna, mengandung 17 mikrogram yodium atau sekitar 11 persen dari asupan harian yang dianjurkan.

Prediksi Tren Kuliner di Tahun 2020, Apakah Boba Masih Populer Rumput Laut

3) Rumput Laut

Rumput laut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin K, zat besi, dan mineral. Namun rumput laut mengandung garam alami yang jumlahnya berbeda-beda tergantung jenisnya. Bahkan Anda juga tak disarankan mengonsumsi rumput laut dalam jumlah terlalu banyak lebih daru satu kali dalam seminggu apalagi jika dalam kondisi hamil.

Telur Mentah

4) Telur

Telur memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh karena mengandung protein dan mineral yang baik. Namun satu telur mengandung yodium sebesar 16 persen dari kebutuhan harian.

[Baca Juga: Garam Himalaya Warna Merah Jambu Kesehatan yang Bernutrisi]

Itulah beberapa makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam. Jika Anda mengonsumsi makanan tersebut, kurangi lah porsi garam yang biasa Anda masukan ke dalam masakan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.